10 Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui Agar Tetap Glowing

skincare aman untuk ibu hamil

Skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui memang paling sering dicari oleh ibu hamil dan menyusui, karena meski sedang hamil atau menyusui, banyak wanita yang tetap ingin terlihat cantik dan glowing.

Sayangnya, saat hamil dan menyusui, tak boleh sembarangan memakai skincare, karena beberapa ingredients-nya berbahaya untuk ibu hamil dan menyusui, dan kali ini Beauty By Rey akan berbagi info tentang skincare yang aman maupun tidak aman buat bumil dan busui.
Saat hamil, seringnya berbagai permasalahan kulit akan muncul di wajah, salah satunya adalah kusam dan muncul jerawat maupun komedo.

Demikian juga saya ketika hamil dulunya, terlebih hamil anak laki-laki ya, yang konon karena hormonnya lebih kuat dari hamil anak perempuan, praktis bikin kulit saya kusam kayak belum mandi mulu, huhuhu.

Yang jadi masalah ketika hamil anak pertama, saya masih harus masuk kerja kantoran, bertemu dengan banyak orang setiap harinya, dan rasanya bosan dengan komentar orang-orang tentang kulit kusam saya.

Dan saya rasa, banyak ibu hamil yang mengalami hal tersebut, lalu berpikir untuk tetap merawat kulit layaknya sebelum hamil, namun harus pikir-pikir dan memilah mana skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui ya.


10 Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui


Hal yang paling utama adalah, kita wajib banget mengetahui, kandungan apa aja dari skincare yang aman untuk dipakai ibu hamil, sehingga kita bisa memilah mana skincare yang bisa kita pakai tanpa membahayakan diri sendiri maupun janin.

Dan beberapa kandungan skincare yang aman dipakai ibu hamil dan menyusui adalah:

skincare aman untuk bumil

1. Salicylic Acid

Salicylic acid termasuk kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, dengan catatan pemakaiannya maksimal 2 kali sehari, dan kandungannya tidak lebih dari 2%.

Salicylic acid yang terdapat pada skincare berfungsi untuk mengatasi jerawat, dan juga ampuh mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel di wajah. 
Terdapat juga kandungan antibakteri yang dapat mencegah munculnya komedo, serta peradangan pada jerawat.


2. Asam Hialuronat

Asam hialuronat termasuk kandungan skincare yang masih aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. kandungan ini sangat cocok untuk melembabkan kulit, di mana ketika hamil kebanyakan kulit akan menjadi kering, karena janin ikut mengambil air dari tubuh kita.

Karenanya ketika hamil, dibutuhkan asupan air minum yang cukup untuk tubuh, dan juga dapat dibantu dengan skincare kandungan Asam Hialuronat untuk melembabkan kulit serta bantu atasi stretch mark di kulit.


3. Asam Glikolat

Asam Glikolat berfungsi untuk mengurangi garis-garis halus pada kulit wajah, juga dapat mencerahkan wajah, bantu atasi jerawat serta mengurangi hyperpigmentasi.

Dan sama dengan salicylic acid, asam glikolat juga termasuk kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.


4. Vitamin C

Vitamin C ternyata masih aman untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui, karena fungsinya dapat meningkatkan kolagen pada kulit.

Adapun fungsi dari kolagen pada kulit yaitu dapat membantu mengatasi masalah kulit, seperti melasma atau kondisi kulit yang gelap. 


5. Niacinamide

skincare untuk ibu hamil

Niacinamide juga masuk dalam kategori kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, karena berasal dari vitamin B3. 

Niacinamide juga mengandung antioksidan, yang mana berfungsi untuk bantu kurangi hiperpigmentasi kulit, kurangi garis halus dan kerutan, serta bantu tingkatkan elastisitas kulit.


6. Titanium Dioxide

Titanium dioxide seringnya kita temukan dalam produk sunscreen atau tabir surya, kandungan ini masih dalam kategori aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Adapun fungsinya adalah dapat menangkal radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya karena bisa merusak kulit, bahkan kandungan ini dapay melindungi kulit yang terpapar matahari secara langsung.


7. Zinc Oxide

Zin Oxide juga serng kita temukan dalam kandungan produk sunscreen atau tabir surya.
Kandungan sunscreen ini masih terbilang aman untuk ibu hamil dan menyusui, karena kandungannya tetap berada di atas permukaan kulit, meskipun bisa terserap kulit.

Jadi, bagi ibu hamil dan menyusui, nggak perlu khawatir jika harus beraktifitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari ya, karena beberapa produk susncreen pun masih aman untuk digunakan.

Bahkan untuk yang sering beraktifitas dalam ruangan, sebaiknya menggunakan sunscreen ya, karena pengaruh buruk sinar matahari bahkan bisa menembus kaca.


8. Grape Seed Oil

Grape Seed Oil biasanya kita temukan dalam serum wajah maupun minyak untuk tubuh.
Kandungan skin care ini punya manfaat untuk melembabkan kulit. 

Namun yang perlu diperhatikan, sebaiknya gunakan skincare dengan kandungan grape seed oil hanya untuk pemakaian luar ya, terutama ketika sedang hamil dan menyusui.
Dan sebaiknya hindari mengkonsumsi grape seed oil dalam bentuk suplemen.


9. Klindamisin dan Eritromisin

Klindamisin dan Eritromisin merupakan kandungan skincare yang bagus untuk mengatasi jerawat.
Dan kandungan ini diklaim masih aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui.

Hal ini berdasarkan penelitian yang mengatakan bahwa kandungan klindamisin dan eritromisin pada produk skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, ini tidak terlihat meningkatkan risiko malformasi janin pada ibu hamil, baik pada trimester awal hingga trimester akhir.


10. Fragrance-free

Sebaiknya pilih skincare yang fragrance-free atau tidak ada kandungan parfum di dalamnya.
Karena hal itu dapat menimbulkan risiko bagi ibu hamil. 

Terlebih untuk pemilik kulit sensitif, kandungan parfum pada skincare justru dapat menyebabkan iritasi kulit dan mengganggu hormon tubuh. 


10 Merk Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui 


Untuk lebih melengkapi artikel ini, maka saya sertakan beberapa merk atau brand skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, yaitu:
 

1. Bio Oil

Bio oil merk cream yang aman untuk ibu menyusui

Bio oil merupakan skincare yang sangat ampuh dalam melembabkan kulit, dan juga termasuk dalam salah satu produk skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. 

Bio oil juga terkenal dengan skincare atau minyak multifungsi, di mana selain dapat melembabkan kulit, pun juga ampuh menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Bisa juga digunakan untuk mengatasi stretch marks yang memang banyak dikeluhkan oleh ibu hamil, sehingga produk ini selalu menjadi andalan banyak ibu hamil, karena selain multi fungsi, harganya pun sangat terjangkau, mulai dari sekitar Rp49.000 untuk ukuran 25mL.


2. Mama’s Choice

Mama's Choice skincare ibu hamil

Mama’s Choice sudah sangat terkenal sejak lama telah menjadi best friend para mama banget, dengan berbagai produknya yang sangat lengkap untuk perawatan ibu hamil dan ibu menyusui, pun juga produknya selalu menggunakan bahan-bahan alami dan halal, yang sudah pasti tidak berbahaya untuk ibu hamil maupun ibu menyusui.


3. Sensatia Botanical

Sensatia Botanical merupakan salah satu produk sekincare lokal dengan kandungan yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, karena kesemua produknya selalu menggunakan bahan-bahan alami khas Bali sebagai komposisi atau kandungan utamanya.

Produknya pun sangat beragam, mulai dari produk perawatan wajah hingga tubuh yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui.
Dengan harga yang juga terjangkau, mulai dari 100ribu rupiah, membuat produk ini juga selalu jadi andalan ibu hamil dan menyusui.


4. Cetaphil

Cetaphil selau direkomendasikan oleh banyak dokter, karena dinilai aman bagi ibu hamil dan menyusui.

Hal ini disebabkan karena facewash ini punya  tekstur lembut, dan sama sekali tidak mengandung bahan berbahaya, bahkan sangat berguna menghidrasi kulit kering. 

Bahkan untuk sunscreen-nya memiliki formulasi ringan, sehingga sangat cocok buat ibu hamil dan menyusui.
Harganya pun lumayan terjangkau, mulai dari Rp. 49.000an dan dapat dibeli di berbagai apotek maupun e-commerce kesayangan kita.


5. Mustela

Mustela skincare ibu hamil

Brand Mustela memang sangat terkenal akan produk perawatan kulit bayi premium.
Dan bukan hanya menyediakan produk untuk bayi, tapi juga untuk ibu hamil dan menyusui, yang tentunya aman.

beberapa produk recomended-nya adalah nursing comfort balm, serum, dan krim stretch marks.
Adapun harganya berkisar mulai dari Rp200.000an ke atas. 


6. Sebamed

Sebamed sangat terkenal sebagai produk yang ampuh merawat kulit berjerawat, dan ternyata juga merupakan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. 

Produk Sebamed berfungsi sebagai perawatan kulit kering, sensitif, sampai dengan mengatasi masalah stretch marks. Dan harganya mulai dari sekitar Rp100.000an ke atas.


7. Skin Dewi

Skin Dewi merupakan skincare produk lokal yang ampuh dalam menjaga kesehatan kulit.
Dan uniknya, dengan menggunakan rempah khas Indonesia sebagai bahan utamanya, yang tentu saja aman digunakan oleh ibu hamil maupun ibu menyusui.

Produknya pun beragam, ada skincare hingga bodycare, dengan harga yang beragam, tergantung produknya.


8. Sukin

Sukin skincare ibu hamil

Sukin merupakan salah satu brand skincare yang aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Merupakan brand perawatan kulit organik, vegan, dan bersifat cruelty free no.1 asal Australia. 
Salah satu produknya yang recommended to try adalah Sukin Hydrating Mist Toner.


9. Wardah

Wardah merupakan merk kosmetik sejuta umat yang tidak diragukan lagi keamanannya, karena berpredikat halal, sehingga menjadi skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, menurut rekomendasi kebanyakan dokter. 

Produk-produk Wardah banyak menjadi produk yang holy grail banget bagi para wanita Indonesia, khususnya ibu hamil dan menyusui.


10. Safi Age Defy

Safi merupakan sebuah brand kosmetik asal Malaysia yang halal dan aman digunakan untuk ibu hamil maupun menyusui.

Ada dua jenis produk skincarenya, yaitu rangkaian siang dan malam, di mana krim ini punya segudang khasiat bagi kesehatan kulit kita, mulai dari dapat melembabkan dan mencerahkan kulit, menyamarkan kerutan serta flek hitam, serta bantu kurangi risiko jerawat, dan bermanfaat sebagai sunscreen karena kandungan SPF-nya.

Demikianlah 10 rekomendasi merek skincare yang aman untuk ibu hamil menurut dokter. Tentunya pastikan untuk memilih skincare yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitnya ya.

Dan jangan lupa untuk memastikan, kalau produk-produknya tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya untuk ibu hamil dan menyusui.


5 Kandungan Skincare yang Berbahaya untuk Ibu Hamil dan Menyusui


skincare berbahaya untuk ibu hamil

Bukan hanya perlu mengetahui beberapa kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, namun yang paling penting juga harus mengetahui, kandungan skincare yang tidak aman bahkan berbahaya untuk ibu hamil, seperti:
  • Skincare dengan kandungan Retinoid, Isotretinoin, Tretinoin, dan jenis vitamin A lainnya, karena dapat memicu komplikasi kehamilan sehingga berpotensi membuat bayi cacat lahir serius.
  • Hydroquinone, karena dapat terserap tubuh lebih banyak, dibanding zat lainnya.
  • Phthalates, karena dapat menyebabkan gangguan sistem endokrin pada tubuh.
  • Alpha-arbutin, karena kandungan sekincare ini dapat berubah menjadi Hydroquinone di dalam kulit.
  • Oxybenzone, merupakan salah satu kandungan sunscreen, yang bisa mempengaruhi sistem hormon, hingga berisiko mengakibatkan masalah permanen pada ibu dan janin.
  • Salicylic Acid dosis tinggi di atas 10%, sebaiknya hanya 2% atau lebih rendah. 


Penutup


Menjadi cantik dan glowing ketika hamil maupun menyusui itu adalah hal yang sah-sah saja, namun sebijaknya memperhatikan kandungan skincare yang akan dipakai, karena tidak semua kandungan skincare aman untuk ibu hamil atau menyusui.

Yang paling aman adalah, pilihlah skincare dengan bahan alami dan halal, dan tentu saja pastikan skincare tersebut memang tidak mengandung bahan-bahan yang bisa membahayakan ibu hamil maupun janin.

Demikianlah, 10 skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, serta kandungannya yang aman maupun berbahaya bagi ibu hamil dan menyusui.

Sidoarjo, 8 Juli 2022

Sumber: 
  • Pengalaman pribadi
  • https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/prenatal/skin-care-saat-hamil-mana-yang-boleh-mana-yang-dilarang/ diakses 8 Juli 2022
Gambar: canva edit by Rey dan berbagai sumber
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Related Post