Face Oil, Manfaat dan Cara Pemakaiannya

face oil

Beauty By Rey - Hola beauties, ada yang suka pakai face oil?. Eh btw mungkin ada yang bertanya, apa itu face oil?
Face oil adalah sebuah produk perawatan kulit atau skincare, yang melengkapi rangkaian skincare routine wanita, khususnya, dan membantu melembabkan kulit, mengurangi kerutan hingga mengatasi jerawat di wajah.

Face oil memang baru saja booming di kalangan banyak wanita, namun hal ini disambut positif oleh berbagai brand skincare, yang mulai berlomba-lomba menghadirkan face oil berbagai merk di Indonesia, baik lokal maupun brand import.

Face oil sendiri, merupakan salah satu produk skincare yang berasal dari ekstrak bunga, daun, dan akar berbagai tumbuhan. Dan produk ini mengandung berbagai zat yang bermanfaat buat kulit, seperti zat antiradang, antioksidan, hingga asam lemak esensial yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

As we know ya, kulit secara alami memproduksi minyak, dan lapisan lipid sangat berperan dalam menjaga agar tidak terjadi kehilangan air dari kulit, atau dengan kata lain menjaganya agar tetap terhidrasi dengan baik.


Manfaat Face Oil Untuk Wajah


Face oil mulai digemari di kalangan beauty enthusiast, tak lain karena beragam manfaat yang dikandungnya, adapun manfaat face oil untuk wajah adalah:

Adapun manfaat face oil adalah sebagai berikut.


1. Membantu mengurangi munculnya kerutan di wajah


Masalah yang paling sering kita alami adalah, kulit yang sering terpapar sinar matahari, untuk itu kulit akan menjadi lebih kusam, lalu muncul tanda penuaan dini di kulit seperti garis-garis halus.

Cara pemakaian face oil untuk kulit

Untuk mengatasi hal tersebut, ada face oil, yang mengandung antioksidan sehingga mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis halus di wajah, juga dapat mengembalikan kelembapan kulit.

Face oil yang biasanya dengan kandungan grapeseed, kaya akan antioksidan, sehingga dapat menghilangkan garis-garis halus pada wajah.


2. Dapat Melembapkan kulit yang kering


Bagi pemilik kulit kering, termasuk di antaranya wanita yang berusia sangat matang alias tuw eh senior, maka face oil merupakan solusi tepat untuk mengatasi hal tersebut.

Hal ini dikarenakan, face oil memiliki kadar minyak yang cukup banyak, sehingga dapat membantu melembapkan kulit yang kering, bersisik, kasar, dan kemerahan.

Bukan hanya itu, face oil juga bermanfaat dan lebih efektif dalam melembapkan kulit kering dibandingkan lotion atau krim wajah yang banyak dijual di pasaran, loh.

Menurut seorang dermatologist di New York, Amerika Serikat, hal ini dikarenakan, face oil mengandung emolien oklusif, yang dapat meresap ke dalam kulit, sehingga mampu mengurangi penguapan cairan, dari lapisan kulit paling luar.


3. Membantu mengecilkan pori-pori wajah


Manfaat berikutnya dari face oil adalah, juga dapat membantu mengecilkan pori-pori di wajah. 
Untuk ini, diharuskan memilih face oil yang terbuat dari ekstrak kacang macadamia, jojoba, dan camelia, karena terbukti lebih efektif untuk mengangkat kotoran penyebab pori-pori tersumbat, sehingga dapat sekaligus mengecilkan pori-pori di wajah.


4. Dapat membantu melindungi kulit


Manfaat lain dari face oil adalah, melindungi kulit.
Hal ini dikarenakan, face oil punya sifat lipofilik, yang mana dapat menembus ke lapisan kulit paling dalam, dan dapat 'menyegel' air dan kelembapan kulit.

Beberapa face oil juga terbukti dapat bermanfaat dalam memperkuat pelindung alami kulit, di mana hal ini penting banget bagi kulit yang butuh perlindungan ekstra terhadap paparan sinar matahari, serta polusi, yang jadi sumber utama tanda penuaan dini muncul.


5. Bantu menenangkan kulit atau meredakan kulit kemerahan


Manfaat face oil berikutnya adalah, dapat membantu menenangkan kulit, termasuk meredakan kemerahan yang terjadi di kulit.

Manfaat ini diperoleh, karena sebagian besar face oil punya efek antiradang, yang sangat berguna untuk meredakan kulit kemerahan dan iritasi.

Karenanya, pastikan memilih face oil yang mengandung minyak argan, atau face oil dengan kandungan retinol atau alpha hydroxy acids/AHA.


6. Bantu mengatasi jerawat


Face oil juga banyak yang mengandung tea tree oil atau minyak pohon teh.
Hal ini sangat bagus dalam bantu mengatasi jerawat yang membandel pada wajah.

Bahkan, menurut seorang Kepala Divisi Dermatologi di Loyola University of Chicago, face oil dengan kandungan minyak jojoba, juga dipercaya bisa mengurangi produksi minyak di wajah, sehingga hal tersebut dapat membantu merawat kulit yang sedang berjerawat.


7. Dapat digunakan sebagai primer wajah


Manfaat lain dari face oil adalah dapat digunakan sebagai primer wajah, yang berguna membuat riasan wajah atau make up jadi tampak halus dan tahan lama.


8. Dapat digunakan sebagai pembersih wajah dan make up


Manfaat atau kegunaan face oil lainnya adalah, dapat digunakan sebagai pembersih wajah dari kotoran dan debu, hingga membersihkan make up, termasuk make up di bagian mata.


Cara Pemakaian Face Oil Untuk Wajah


Begitu banyak manfaat yang bisa diberikan oleh face oil, nggak heran ya semakin banyak beauty enthusiast yang mulai beramai-ramai menggunakannya sebagai salah satu dari skincare routine mereka. 

Cara pemakaian face oil

Lalu, mungkin banyak yang belum tahu ya, gimana sih cara pemakaian face oil yang tepat di wajah?
Tentu saja disesuaikan dengan kegunaannya ya.


Face oil sebagai skincare


Pada dasarnya, face oil bisa digunakan setiap hari baik pagi dan malam hari, namun tentu saja wajib disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit masing-masing.

Sebagai skincare, ada 2 cara pemakaian face oil di wajah:
  1. Dipakai bersamaan dengan moisturizer atau pelembab yang biasa kita gunakan.
  2. Dipakai setelah aplikasi moisturizer atau pelembab, dengan cara diteteskan ke permukaan tangan, lalu diaplikasikan dengan cara ditepuk-tepukan secara halus di wajah, agar dapat meresap dengan baik. 


Face oil sebagai primer wajah


Jika digunakan sebagai primer wajah, maka gunakan face oil sebelum aplikasi make up dan sesudah skincare lainnya.

Cukup aplikasikan face oil ke wajah, biarkan sejenak agar meresap dengan baik, lalu lanjutkan memakai make up seperti foundation, dan semacamnya.


Face oil sebagai pembersih wajah dan make up


Membersihkan wajah atau make up dengan face oil sangat mudah, cukup oleskan face oil pada wajah yang kotor atau penuh make up, usap-usap sejenak agar kotoran atau make up yang menempel dapat terangkat, lalu akhiri dengan usapan kapas agar kulit lebih bersih.


Cara Memilih dan Memakai Face Oil Berdasarkan Jenis dan Kebutuhan Kulit


Untuk hasil yang sempurna, akan lebih baik jika kita memakai face oil yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit kita.
Dan begini cara memilih face oil, sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit wajah kita, yaitu:

Manfaat face oil


Untuk kulit normal


Untuk kulit normal, sebaiknya pilih face oil dengan tekstur yang tidak terlalu berat atau kental, sehingga tercapai kelembapan yang dibutuhkan oleh kulit, atau tidak berlebihan.

Untuk itu, beauties bisa memilih face oil dengan kandungan minyak jojoba, marula oil, dan minyak kelapa, karena memiliki tekstur yang ringan, serta mudah menyerap ke dalam kulit.
Minyak kelapa juga kaya akan asam laurat dan asam lemak, yang mana dapat menutirisi kulit dengan baik.

Beauties bisa memakai face oil, dengan cara menuangkan beberapa tetes face oil pada pelembap atau moisturizer yang biasa digunakan dalam keseharian, lalu aplikasikan dengan cara menepuk-nepuk wajah hingga leher dengan perlahan.


Untuk kulit kering


Untuk pemilik kulit kering, face oil  adalah rangkaian skincare yang amat sangat membantu banget, dan dapat memanfaatkan secara maksimal.

Karena face oil memang berperan sebagai emolien yang dapat mengunci sertamencegah penguapan cairan dari lapisan kulit.

Untuk itu, beauties bisa memakai face oil dengan kandungan extra virgin coconut oil dan minyak almond, karena sangat ampuh menyegel kelembapan kulit, sekaligus dapat mengurangi rasa gatal dan kulit kemerahan.

Selain itu, minyak almond juga mengandung vitamin A yang tinggi, dan bermanfaat mengurangi garis halus di wajah.

Untuk penggunaannya, beauties bisa campurkan beberapa tetes face oil pada pelembap yang biasa digunakan, atau juga bisa diusapkan langsung ke wajah dan leher sesaat setelah mencuci wajah.


Untuk kulit berminyak dan berjerawat


Beberapa beauties mungkin berpikir, kalau face oil hanya akan menambah intensitas jerawat tumbuh di wajah, namun hal itu ternyata tidak sepenuhnya benar ya.

Face oil dengan kandungan minyak pohon teh, minyak argan, atau grapeseed oil sangat cocok digunakan untuk wajah yang rentan berjerawat, karena teksturnya lebih ringan dan tidak terlalu banyak mengandung minyak. 

Bukan hanya itu, ketiga minyak di atas justru bermanfaat untuk tidak menyumbat pori, dan juga sangat efektif mengendalikan produksi sebum pada kulit.

Meskipun demikian, beberapa ahli dermatologi menyarankan, untuk lebih hati-hati dalam menggunakan face oil, mulailah gunakan face oil sebanyak 1-2 kali dalam seminggu, dan lihat hasilnya.

Jika menimbulkan jerawat, sebaiknya hentikan sejenak penggunaan face oil dengan segera. 
Gunakan saja kembali, hanya ketika kulit terasa kering.

Akan lebih aman dan disarankan agar terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter, sebelum menggunakan face oil.


Untuk kulit kombinasi


Untuk pemilik kulit kombinasi, sebaiknya menggunakan face oil yang mengandung marula oil, minyak jojoba, atau flaxseed oil, karena dapat menyerap ke dalam kulit lebih cepat, serta mampu mengendalikan produksi minyak alami, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat pada area kulit berminyak.

Minyak biji rami atau flaxseed juga sangat efektif melembapkan area kulit yang kering, sehingga dapat meminimalisir kerutan.


Untuk kulit sensitif


Untuk pemilik kulit sensitif, sebaiknya sih lebih berhati-hati jika ingin menggunakan face oil dalam rangkaian skincare routine-nya.

Sebaiknya, selalu lakukan tes terlebih dahulu pada area kulit lain sebelum mencoba gunakan face oil, selain itu pilihlah face oil yang mengandung tea tree oil, karena diyakini dapat merawat kulit sensitif yang rentan iritasi.


Kesimpulan


Pada dasarnya, face oil sangat recomended untuk dijadikan tambahan skincare routine kita dalam keseharian, mengingat manfaat face oil yang begitu baik untuk kelembaban serta kesehatan kulit.

Meskipun demikian, harus diperhatikan juga jenis dan kebutuhan kulit masing-masing, agar manfaat face oil lebih tepat dan terasa di kulit, serta meminimalisir efek negatif yang muncul.

Demikianlah ulasan tentang face oil, apa itu face oil, apa saja manfaat face oil serta bagaimana cara pemakaian face oil berdasarkan jenis dan kebutuhan kulit.

Ada yang udah pernah pakai face oil?



Sidoarjo, 16 Juni 2022

Sumber: 
  • Pengalaman pribadi
  • https://www.sehatq.com/ diakses 16 Juni 2022
  • https://www.popbela.com/ diakses 16 Juni 2022
Gambar: Canva
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Related Post