Waste Down Beauty Up Sociolla Ajak SBN Surabaya Bijak Berkosmetik

Waste Down Beauty Up Sociolla Ajak SBN Surabaya Bijak Berkosmetik

Beauty By Rey - Hola beauties, udah tau kampanye Waste Down Beauty Up nggak?
Ini berhubungan banget ama skincarenya, make upnya, dan segala kosmetik kita.
Karena zaman now, saking sering keracunan produk skincare atau make up viral, jadinya rajin amat belinya, tapi malas makenya, lalu bertumpuk hingga pada expired, hehehe.

Karena itulah, sejak Januari 2022 lalu, Sociolla meluncurkan dan mengajak para beauties semua, untuk bijak dalam menggunakan kosmetik, dalam kampanye Waste Down Beauty Up.

As we know kan ya, selama pandemi yang udah mau memasuki tahun ke-3 ini, industri kecantikan naik pesat, dunia kecantikan naik pesat.
Berbagai produk kecantikan bermunculan, baik yang lokal maupun dari impor luar negeri.

Para beauty enthusiast semacam dihadapkan dalam surga produk kecantikan yang beragam, banyak banget sampai bingung milihnya, apalagi hampir kesemua produk mengklaim produknya adalah yang terbaik.
Sampai kita lupa, kalau maksud yang terbaik itu, pada jenis kulit tertentu, bukan untuk semua jenis kulit.

Bukan hanya kebiasaan para beauties yang suka memborong kosmetik viral tanpa mencari tahu tentang produk tersebut cocok nggak di kulitnya, tapi juga semua itu menimbulkan masalah lama yang makin parah, yaitu limbah produk kosmetik.

Dari data Kampanye Waste4Change, ada sekitar 6,8 juta ton sampah dari kemasan plastik yang berasal dari industri kecantikan, di mana jumlah tersebut akan terus bertambah setiap tahunnya, terlebih di masa pandemi yang belum berakhir ini.

Sedihnya lagi nih beauties, hanya sekitar 30% aja dari sampah tersebut yang bisa didaur ulang, selebihnya terpaksa dibuang ke laut atau semacamnya, yang mana amat sangat berpotensi merusak alam.


Kampanye Waste Down Beauty Up Dari Sociolla


Karena masalah limbah kosmetik yang berlebihan tersebutlah, Sociolla sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, mencanangkan sebuah kampanye Waste Down Beauty Up, di mana dalam kampanye tersebut, Sociolla mengajak para beauties semua, untuk lebih bijak dalam membeli dan menggunakan kosmetik.

Waste Down Beauty Up Dari Sociolla

Langkah awal dari kampanye tersebut itu berasal dari Sociolla sendiri, yaitu dengan menerapkan zero bubble wrap serta mengganti pakai kertas daur ulang, juga mengubah kardus kemasan pengiriman, dengan kotak yang tentunya lebih ramah terhadap lingkungan. 


Kita semua pada sadar nggak sih, terutama selama masa pandemi ini, di mana penjualan online semakin meningkat, dan tiba-tiba sampah bubble wrap dan kardus jadi menggunung.

Saya sendiri, yang bisa dibilang nggak terlalu sering berbelanja online, tapi sering banget dikesalkan dengan tumpukan sampah bubble wrap dan kardus beraneka bentuk, sebal aja liat rumah udah kayak gudang kardus dan bubble wrap, hahaha.

Nah, dengan dialihkannya penggunaan bubble wrap dengan kertas daur ulang ini, diharapkan dapat mengurangi adanya plastik bubble wrap yang hingga kini mencapai 250 ribu meter kubik per tahunnya.

That's why Sociolla merasa harus ikut berkomitmen terhadap kebijakan zero bubble wrap.

Dengan kampanye Waste Down Beauty Up ini, Sociolla berharap, dapat membantu pelanggan untuk bisa lebih terawat dan glow up, akan tetapi tetap sadar lingkungan, dengan menerapkan wasteful dalam setiap pembelanjaan dan pemakaian kosmetik.

Dalam gerakan Waste Down Beauty Up ini, ada empat inisiatif utama yang diterapkan, untuk mendorong perilaku beauties, dalam setiap pembelian produk kecantikan agar selalu bijak, yaitu:


1. Look Up on Trusted Reviews (Membaca review terlebih dahulu)


Siapa nih yang beli skincare hanya karena sedang viral? saya! eh salah ding, kalau saya biasanya karena teracuni dan pas banget dengan masalah kulit saya, namun salahnya saya, sering banget asal beli aja, tanpa baca-baca banyak review pengguna.

Karena kalau cuman mengandalkan review dari satu orang saja, belum tentu mewakili semua jenis kulit kan ya, alhasil dulunya pernah banget beli skincare hanya karena viral, dan ternyata nggak cocok di kulit saya, hehehe.
  
Nah, Sociolla dalam kampanye Waste Down Beauty Up ini, mengajak beauties untuk mindful shopping atau punya kesadaran dalam berbelanja produk kecantikan, dengan cara mencari informasi review dan rating dari pelanggan lain melalui aplikasi SOCO, sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Siapa nih yang belum pernah buka aplikasi atau website SOCO? cusss deh, di sana lengkap banget review dan rating banyak produk kecantikan.


2. Try tester in Sociolla stores before buying (Mencoba tester di toko Sociolla sebelum membeli): 


Jangan cuman teracuni para influencer di medsos ya, sebaiknya cari tahu dulu dengan jelas, apakah produk tersebut cocok di kulit kita?

Nah di Sociolla Store, beauties bisa banget loh beli skincare atau semacamnya, namun sebelumnya boleh cobain testernya dulu.

Dan dengan mencoba tester dahulu sebelum membeli produknya, beauties akhirnya bisa membuat keputusan dengan lebih bijak, dari bagaimana produk tersebut terlihat atau terasa di wajah/kulit sendiri, bukan kulit wajah influencer yang udah kece dari sononya, *loh, hahaha. 


3. Buy minis/small size before full size (Beli versi mini/kecil sebelum ukuran penuh): 


Nah, saya rasa ini adalah sebuah keputusan yang tepat, dengan cara membeli kemasan mini atau kecil atau kemasan travel terlebih dahulu, sebelum memutuskan membeli rangkaian sebuah produk dalam kemasan besar.

Ye kan, bayangkan aja, kalau udah kita belain beli kemasan gede, pas dipake nggak cocok, mau dijual lagi belum tentu juga ada yang mau beli kosmetik bekas, iya nggak?
 
Dengan upaya ini, Sociolla membantu para beauty enthusiast untuk bisa mencoba dahulu produk kecantikan dalam ukuran kecil/mini, untuk menguji apakah produk tersebut cocok di kulit masing-masing,  sebelum memutuskan untuk membeli produk dalam ukuran normal/berukuran penuh.


4. Gift with less waste (Hadiah tanpa sampah): 


Melengkapi dari semua tindakan wasteful terhadap penggunaan produk kecantikan, Sociolla juga menghadirkan pilihan hadiah elektronik (e-gift) untuk para beauty enthusiast, dengan cara mengajak para beauties semua, untuk tidak perlu lagi memberikan barang-barang yang tidak digunakan untuk orang yang dicintai.


Kampanye Waste Down Beauty Up Bersama SBN Surabaya


Dalam kampanye Waste Down Beauty Up ini, Sociolla juga mengajak para SBN Surabaya, untuk bisa ikutan berpartisipasi, dalam menerapkan dan berbagi kepada beauties lainnya, untuk lebih bijak dalam berkosmetik.

Kampanye Waste Down Beauty Up Bersama SBN Surabaya

Dan untuk itu, Sabtu 12 Februari kemarin, Sociolla bersama N'PURE mengadakan WDBU SBN Online Gathering melalui Zoom.

Acara tersebut dihadiri banyak SBN Surabaya dan juga 2 orang SBN Representatif yaitu Nadia Prianti yang banyak share tentang kampanye Waste Down Beauty Up ini, dan juga mengajak para SBN Surabaya untuk lebih bijak dalam berkosmetik dengan menerapkan 4 inisiatif yang dicanangkan Waste Down Beauty Up Sociolla.

Kampanye Waste Down Beauty Up Bersama SBN Surabaya

Juga ada Beauty Content Creator Bellinda Putri, yang sharing tentang bagaimana dia sebijak mungkin membuat konten review produk skincare, agar followernya lebih bijak dalam memutuskan membeli skincare yang cocok untuk kulit masing-masing.

Tak lupa juga hadir Devina WIjaya sebagai Co Founder dari NPURE yang sharing tentang bagaimana NPURE ikut berperan dalam kampanye Waste Down Beauty Up, dengan cara menciptakan produk-produk skincare yang ramah lingkungan serta cocok untuk kulit sensitif.
      
Acara yang berlangsung selama 2 jam tersebut berlangsung seru dengan diisi pula diskusi bareng, serta games-games yang bikin pengetahuan kita tentang kampanye WDBU semakin meningkat.

Over all, sebagai salah satu beauties enthusiast, dan juga sering mereview berbagai skincare, saya juga berharap agar bisa lebih bijak dalam memutuskan membeli dan menggunakan skincare yang sesuai dan cocok untuk permasalahan kulit saya.

Dan tentu saja berusaha untuk lebih bijak dalam memberikan review produk agar beauties yang membaca review saya, bisa lebih bijak menentukan apakah produk tersebut, cocok dan dibutuhkan oleh kulitnya.

Waste Down Beauty Up Sociolla Ajak SBN Surabaya Bijak Berkosmetik

So beauties, yuk lebih bijak dalam menggunakan kosmetik, pastikan hanya membeli kosmetik yang dibutuhkan dan cocok oleh kulit masing-masing, dan memakainya dengan mindful.

Agar nggak salah pilih, beauties bisa baca-baca review dan rating produk di SOCO aja dulu.
Lalu, bisa kunjungi Sociolla store di kota masing-masing, agar bisa lebih jelas melihat tekstur dan mencobanya di kulit masing-masing.

Lalu beauties bisa beli kemasan mini atau travel size aja sebelumnya, biar nggak mubazir kan, kalau tiba-tiba ternyata nggak cocok. 

Dan, nggak perlu lagi deh kirim hadiah sesuatu yang cute, tapi nggak ada fungsi dan nggak bakal dipakai oleh orang tercinta kita.
Kirimin aja saya, eh salah... dia e-gift dari Sociolla ya, hahaha.

Yuk bijak berkosmetik, dengan Waste Down Beauty Up Sociolla.
Dan jangan kode saya ketika berbelanja di Sociolla : SBN041EE8 untuk dapetin potongan ya.

 
Sumber:
  • Pengalaman pribadi
  • https://journal.sociolla.com/beauty/sociolla-waste-down-beauty-up diakses 13 Februari 2022
Gambar: dokumen pribadi
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Related Post