Kasus dr Richard Lee dan Hidrokuinon Adalah?

Hidrokuinon Adalah

Beauty By Rey - Hola Beauties!
Ada yang ngeh dengan kasus dr Richard Lee nggak? dan lagi-lagi si dokter ditahan oleh kepolisian, karena kasus lamanya yang mereview sebuah skincare yang katanya mengandung Hidrokuinon.

Hidrokuinon adalah sebuah zat yang dipakai untuk mengatasi bercak gelap pada kulit karena penumpukan melanin (hiperpigmentasi). 

Dan dari beberapa kondisi hiperpigmentasi kulit, sangat ampuh diatasi dengan dengan zat ini, yaitu seperti melasma, flek hitam, maupun chloasma.

As we know ya, masalah seperti itu amat sangat banyak terjadi pada wanita, dan saya yang Alhamdulillah masih belum mengalaminya, seketika jadi takut dan bergantung sepenuhnya pada tabir surya atau sunscreen, hehehe.


Hidrokuinon Adalah Keajaiban Bagi Wanita Sekaligus Zat Berbahaya


Punya kulit putih dan mulus adalah dambaan semua wanita, tanpa mengenal usia.
Mau yang remaja kek, maupun yang sudah berusia amat matang kayak saya, hahaha.


Kasus dr Richard Lee dan Hidrokuinon Adalah?

Sayangnya, masalah kulit wajah kita itu perasaan nggak ada stopnya ya.
Dari remaja bermasalah dengan kusam, pas kuliah bermasalah dengan jerawat, lalu kusam lagi, lalu jerawat lagi, ujung-ujungnya pori-pori gede, scar atau bopeng, sampai flek hitam di wajah.

Lucky me dan Alhamdulillah, saya cuman mengalami masalah sesekali jerawat, kulit kusam dan sekarang pori-pori besar karena faktor usia.

Namun beberapa orang, yang entah mengapa ya, kebanyakan tuh yang kena orang-orang yang dari sononya punya kulit terang atau biasa kita sebut putih, justru yang paling sering dan mudah terbentuk melamin di wajah dan jadi flek yang mengganggu.

Kalau fleknya kayak flek orang bule sih oke-oke aja, tapi kalau menumpuk gitu, rasanya mengganggu estetika wajah nggak sih, bikin wajah terlihat kusam juga.

That's why, skincare dengan klaim ampuh memudarkan bahkan menghilangkan flek tuh, amat sangat diburu banyak wanita.
Dan begitulah Hidrokuinon dikejar banyak wanita.


Hidrokuinon adalah


Hidrokuinon adalah salah satu kandungan kosmetik yang berfungsi sebagai pencerah kulit. Fungsinya yang dapat memutihkan kulit serta bantu pengobatan dari berbagai bentuk hiperpigmentasi.

Dalam sejarah pemakaian hidrokuinon, ada beberapa fakta tentang keamanannya.
Sejak tahun 1982, Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat memang mengakui bahan tersebut aman dan efektif.

Namun, beberapa tahun kemudian, muncul kekhawatiran tentang keamanannya, dan hal ini  mendorong banyak produsen untuk menarik hidrokuinon yang beredar di pasar.
FDA juga menemukan fakta, banyak dari produk yang mengandung kontaminan seperti merkuri.

Sejak saat itulah, Lembaga Food and Drug Administration (FDA) mengkonfirmasi bahwa hidrokuinon masih bisa dijual aman dan bebas (OTC), dengan konsentrasi 2 persen saja.

Hidrokuinon adalah zat atau senyawa yang dapat mencerahkan dan memutihkan kulit, karenanya zat ini bisa menghilangkan flek hitam di wajah.

Namun, karena zat ini memang masuk ke dalam golongan obat-obatan keras, maka hanya dokter kecantikanlah yang punya izin untuk meresepkan pemakaian zat ini kepada konsumen.
Sayangnya, sekarang hidrokuinon ini juga digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan membuat krim abal-abal mengandung hidrokuin dan dijual bebas di pasaran.

Salah satu fakta tentang Hidrokuinon yang lainnya adalah zat ini merupakan zat yang sangat ampuh dalam mengatasi berbagai jenis hiperpigmentasi kulit (penggelapan warna kulit). Hidrokuinon bekerja dengan cara memperlambat produksi melanosit. Melanosit merupakan sel yang diperlukan untuk memproduksi melanin (agen pemberi warna kulit) pada kulit kita.


Manfaat Hidrokuinon adalah


Manfaat hidrokuinon sebenarnya banyak banget, dengan manfaat utama memutihkan kulit, siapa coba yang nolak punya kulit wajah putih untuk kebanyakan wanita Indonesia?

Dan manfaatnya adalah:
  • Mengatasi masalah kulit, Melasma (yaitu bercak coklat yang timbul di pipi, hidung, atau area kulit yang sering terpapar sinar matahari).
  • Mengatasi masalah kulit, bintik hitam yang sering muncul di kulit dan dialami oleh orang berkulit putih dan sering terpapar sinar matahari.
  • Mengatasi masalah kulit, bintik penuaan atau lentigine yang kerap timbul di wajah maupun punggung tangan.
  • Mengatasi bekas jerawat yang membandel.
Nah seperti yang kita ketahui, masalah-masalah di atas sering banget kan kita jumpai atau bahkan alami sendiri, terlebih bagi wanita yang malas pakai sunscreen padahal sering beraktifitas di luar rumah.


Efek samping Hidrokuinon adalah


Nah ini nih masalahnya, yang namanya obat-obatan keras ya, pasti punya efek samping yang juga keras di kulit, terutama yang perlu diwaspadai, adalah: 
  • Terjadi iritasi pada kulit. 
  • Kulit jadi kemerahan. 
  • Rasa panas seperti terbakar di kulit. 
  • Kulit menjadi sangat kering, bahkan terkadang sampai pecah-pecah. 

Adapun efek samping hidrokuinon ini, biasanya muncul setelah penggunakan dengan konsentrasi di atas 4%. 

Sedang pemakaian hidrokuinon di bawah 2%, tetap dibatasi dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama. Karena pemakaian dengan jangka waktu lama dapat menyebabkan: 
  • Vitiligo atau hilangnya pigmen kulit akibat matinya penghasil pigmen kulit.
  • Okronosis eksogen atau kulit jadi berwarna kebiruan atau kehitamanan.

Selain itu, efek samping hidrokuinon biasanya muncul setelah menggunakannya dengan konsentrasi rendah atau di bawah dua persen selama beberapa tahun. 

Karenanya, mengingat hidrokuinon memang lebih riskan atau berisiko karena memiliki efek samping bagi kesehatan apabila digunakan sembarangan, maka hindarilah penggunaan kosmetik atau produk perawatan kulit yang mengandung hidrokuinon tanpa pengawasan dokter. 


Tentang Kasus dr Richard Lee dan Hidrokuinon


Nah, gara-gara hidrokuinon ini jugalah, dr Richard Lee, seorang dokter sekaligus youtuber yang sering banget berbagi informasi dan edukasi mengenai pemakaian skincare maupun kosmetik yang aman, ditangkap lagi oleh polisi.

Kasus dr Richard Lee
dr. Richard Lee, sumber: popmama

Dokter Richard Lee akan dikenakan pasal Pasal 30 jo. Pasal 46 UU ITE dan/atau Pasal 231 KUHP dan/atau Pasal 221 KUHP, dengan alasan telah mengakses data secara ilegal, serta menghilangkan bukti.

Hal ini dimulai saat dr Richard Lee mereview sebuah krim kecantikan di kanal Youtubenya, dari reviewnya sang dokter menyatakan bahwa produk tersebut mengandung merkuri hidrokuinon, yang tentunya berdasarkan pemeriksaan mandiri oleh sang dokter di laboratorium.

Perseteruan ini juga pernah melibatkan Kartika sebagai brand ambassador produk tersebut, karena demi nama baik, sang aktris tak terima atas review Richard yang dianggap asal. 
Karena hal itu juga, Kartika pernah memberikan somasi sebanyak 2 kali ke dr. Richard Lee.

Adapun masalah review dokter ini terjadi, karena sang dokter menemukan fakta, bahwa krim tersebut mengandung hidrokuinon tinggi hingga 5,7 persen. 
Sementara batas dari kandungan hidrokuinon untuk koemetik atau skincare hanyalah 2 persen saja.

Semoga kasus dr Richard Lee segera selesai ya, dan diberikan solusi yang seadil-adilnya, karena sebenarnya review dokter Richard juga banyak mengedukasi pengguna skincare dan kosmetik, betapa pentingnya melek akan kandungan skincare dan bahaya dari zat yang keras seperti hidrokuinon.


Sumber:
  • https://www.alodokter.com/hydroquinone
  • https://health.kompas.com/
  • https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5874290/jadi-awal-kasus-dr-richard-lee-apa-itu-hidrokuinon
Gambar: Canva edit by Rey

Love,

Next Post Previous Post
2 Comments
  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen 30 Desember 2021 20.08

    Aku pernah sih terjebak Ama skincare hidroquinon ini Rey, pas awal2 kerja. Tapi bersyukurnya yaaaa, kulitku LGS bereaksi, dan aku LGS stop. Jadi belum parah. Sejak itu kayak trauma aja kalo udh denger ingredients ini, walopun skincare yg pake inj msh dlm persentase normal, tapi LGS ga pengen pake produknya.

    Kasian ini dr Lee. Padahal memang kontennya bagus, bermanfaat, malah ditekan sama orang2 yg bisnisnya pasti dirugikan dari acara ini :(.

  • Beauty By Rey
    Beauty By Rey 12 Januari 2022 02.37

    Wah iya kah? saya juga kayaknya pernah deh Mba, tapi nggak ngerti, karena dulu saya pernah berkali-kali dipaksa beli skincare jualan teman, ada tuh yang bisa memutihkan kulit, tapi memang setelah agak lama, wajah jadi jerawatan.

    Sayangnya diriku nggak tau ingredientsnya, dan polos aja mau disuruh pakai hahaha

Add Comment
comment url

Related Post