Azelaic Acid, Efektif Atasi Jerawat pada Kulit Sensitif

by - September 15, 2021

Azelaic acid

Beauty By Rey - Azelaic acid adalah sebuah kandungan atau ingredients skincare yang ampuh mengatasi jerawat dan bekasnya, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.

Jadi bisa dibilang, azelaic acid skincare adalah skincare jerawat  maupun untuk bekas jerawat yang sangat aman digunakan untuk semua jenis kulit. 

Sebenarnya Azelaic acid ini telah lama populer di dunia masalah jerawat, sayangnya di Indonesia memang agak terkendala untuk digunakan sebagai bahan skincare, karena azelaic acid ini, masuk dalam kategori obat-obatan.

Padahal, di luar negeri telah banyak skincare yang mengandung azelaic acid,  sebagian bahkan sudah masuk ke Indonesia, di mana saya agak bingung memahami, mengapa skincare luar yang mengandung azelaic acid bisa masuk ke Indonesia, sementara di Indonesia, belum ada lampu hijau penggunaan azelaic acid buat bahan skincare?

Entahlah, mungkin karena kalau skincare yang dari luar tuh, udah siap pakai, beda lagi di Indonesia kan kudu diracik dulu, maybe sih ya, hahaha.


Azelaic Acid Adalah


Rasanya udah banyak banget ya yang namanya acid-acid an, atau asam ini.
Dan semuanya bertujuan untuk chemical exfoliant, yaitu untuk mengangkat sel kulit mati di wajah dan mencerahkan kulit yang kusam.

Skincare jerawat

Hal ini penting banget buat kulit berjerawat, karena sel kulit mati akan bertumpuk dan menutupi pori-pori, lalu jadi jerawat deh.

Nah beberapa produk yang mengandung acid, seperti salicylic, hyaluronic, glycolic, dan juga alpha hydroxy, cukup memberitahukan kepada kita, bahwa acid adalah ‘sahabat terbaik’ dalam merawat kulit kita.

Nah, ketambahan lagi nih, dengan Azelaic acid, yang diprediksi bakalan populer sebagai salah satu skincare jerawat, di tahun 2021 ini.

Apa sih sebenarnya Azelaic Acid itu?
Azelaic acid adalah, jenis asam yang dibuat secara alami, yaitu terbuat dari barley dan biji gandum. 

Azelaic acid punya sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan juga sifat serta khasiat lainnya, yang bikin mulai dan semakin diliirik, untuk kandungan utama, produk perawatan kulit buat atasi jerawat maupun bekas jerawat.

Adapun kelebihan dari azelaic acid adalah, karena punya sifat pH yang dependent.
Artinya, kandungan azelaic acid berada di kadar keasaman yang pas untuk bekerja, yaitu pada pH 4.9.
PH tersebut kurang lebih sama seperti pH kulit manusia loh. 

Azelaic Acid juga bekerja dengan gentle leave-on exfoliant atau eksfoliator yang lembut dan membantu bersihkan pori-pori kulit yang tersumbat, bantu angkat lapisan teratas kulit, sehingga permukaan kulit menjadi halus. 

Bukan hanya itu, Azelaic acid juga mampu kurangi masalah kulit yang menyebabkan kemerahan, dan punya manfaat anti-oksidan. 


Sejarah Azelaic Acid Sebagai Skincare Jerawat


Setidaknya, sudah lebih dari 1 dekade, azelaic acid digunakan sebagai salah satu ingredients untuk penanganan masalah jerawat dan bekasnya.
 
Bermula di tahun 2002, FDA (Food and Drug Administration) mulai accept bahwa Azelaic Acid digunakan untuk penanganan masalah jerawat. 

Adapun cara kerja dari azelaic acid adalah, dengan menyerap hingga ke dalam pori-pori kulit, dan dapat melawan bakteri jerawat dengan sifat anti-bakterinya. 

Lalu, ketika bakteri penyebab jerawat dapat teratasi, infeksi pada pori-pori kulit pun dapat lebih cepat pulih, hal ini akan terlihat dengan berkurangnya jerawat. 

Karena itulah, azelaic acid jadi alternatif benzoyl peroxide untuk tangani jerawat, tentunya dengan risiko maupun efek samping yang lebih kecil.
Bukan hanya itu, dengan sifat anti-inflamasi-nya azelaic acid juga bisa bantu redakan kemerahan serta peradangan di area jerawat.

Sifat anti-bakteri yang dimiliki oleh azelaic acid menjadi salah satu kandungan yang efektif dalam atasi masalah kulit rosacea yang juga disebabkan oleh bakteri. 

Di tahun 2007, ditemukan kembali manfaat tambahan dari azelaic acid, yaitu dapayt bantu mencerahkan kulit. 

Hal ini terjadi dari sifat azelaic acid yang bantu hambat proses produksi melanin di kulit, yang beri pigmen warna pada kulit. 
Saat terjadi produksi melanin yang berlebihan, maka kulit jadi lebih gelap, dan terjadi hiperpigmentasi. 


Manfaat Azelaic Acid Untuk Kesehatan Kulit


Secara umum, ada beberapa manfaat kandungan azelaic acid untuk kesehatan kulit, yaitu:
  • Sebagai anti-aging, dengan kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat bekerja menangkal radikal bebas, dan tentunya mencegah penuaan dini.
  • Ampuh sembuhkan jerawat dengan fungsi anti-bakterinya.
  • Memudarkan noda hitam hingga hiperpigmentasi, serta mencerahkan wajah.
  • Mengurangi hingga menyembuhkan kulit iritasi dan kemerahan dengan fungsi anti-inflamasi.
  • Kurangi munculnya komedo karena bisa bantu bersihkan pori-pori yang tersumbat.
  • Mengangkat sel kulit mati, dengan bekerja mengeksfoliasi kulit.
  • Merawat masalah rosacea.


Cara Pakai Azelaic Acid


Cara pakai azelaic acid sebenarnya mudah, namun harus juga memperhatikan beberapa hal penting, agar khasiatnya bisa kita rasakan, dan tidak menimbulkan efek samping yang merugikan kulit.

Skincare untuk bekas jerawat

Dan cara atau menggunakan azelaic acid dalam skincare routine kita adalah:
  • Sebaiknya uji dahulu apakah kulit kita cocok memakai azelaic acid, caranya dengan membersihkan seluruh wajah, keringkan, lalu oleskan sedikit azelaic acid skincare di dahi, tunggu hingga 24 jam. Jika tidak ada efek lain, seperti kemerahan maka kita bisa meneruskan pemakaian azelaic acid.
  • Gunakan setelah pemakaian toner, dan setelahnya bisa dilapisi dengan Hyaluronic Acid agar kelembaban kulit terjaga, setelahnya oleskan azelaic acid skincare di kulit.
  • Sebaiknya gunakan dahulu pada malam hari, lalu amati hasilnya, jika positif maka bisa tingkatkan penggunaannya di waktu pagi dan malam hari.
  • Jangan lupa gunakan tabir surya atau sunscreen di siang hari.
  • Azelaic acid dapat digunakan bersamaan dengan AHA ataupun BHA.
  • Azelaic acid juga bisa digunakan bersama dengan retinol, bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa penggunaan keduanya, menghasilkan kulit yang lebih sehat dan kenyal, namun tentu saja dengan memperhatikan efek samping, apakah cocok di kulit kita.
  • Azelaic acid juga bisa digunakan dengan vitamin C. 
Dari keterangan penggunaan azelaic acid skincare kita ketahui, bahwa kandungan ini memang paling aman untuk kulit manapun, itu bisa dilihat dari beberapa penelitian, saking amannya dia bisa digunakan bersamaan dengan kandungan skincare lainnya.

Meskipun demikian, butuh penilaian pribadi juga di kulit masing-masing ya, sebaiknya sih gunakan dengan perlahan, sambil diamati hasilnya.

Demikianlah ulasan tentang azelaic acid yang mana sekarang mulai trending di Indonesia ketika azelaic acid skincare mulai masuk dan merambah dunia skincare Indonesia.
Hal ini tentu saja menjadi kabar baik buat yang memiliki masalah kulit sensitif dan berjerawat, karena menemukan skincare jerawat maupun skincare untuk bekas jerawat, yang mengandung azelaic acid. 

Ada yang udah pernah pakai?

Sumber: 
  • https://www.soco.id/post/beauty//azelaic-acid
  • https://www.masterclass.com/articles/what-is-azelaic-acid
  • https://gethealthyskin.com/ingredients/azelaic-acid
Gambar: Canva edit by Rey

With Love

You May Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel saya,
Silahkan meninggalkan komentar dengan akun/url yang aktif :)