Azelaic Acid, Efektif Atasi Jerawat pada Kulit Sensitif

Azelaic acid

Beauty By Rey - Azelaic acid adalah sebuah kandungan atau ingredients skincare yang ampuh mengatasi jerawat dan bekasnya, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.

Jadi bisa dibilang, azelaic acid skincare adalah skincare jerawat  maupun untuk bekas jerawat yang sangat aman digunakan untuk semua jenis kulit. 

Sebenarnya Azelaic acid ini telah lama populer di dunia masalah jerawat, sayangnya di Indonesia memang agak terkendala untuk digunakan sebagai bahan skincare, karena azelaic acid ini, masuk dalam kategori obat-obatan.

Padahal, di luar negeri telah banyak skincare yang mengandung azelaic acid,  sebagian bahkan sudah masuk ke Indonesia, di mana saya agak bingung memahami, mengapa skincare luar yang mengandung azelaic acid bisa masuk ke Indonesia, sementara di Indonesia, belum ada lampu hijau penggunaan azelaic acid buat bahan skincare?

Entahlah, mungkin karena kalau skincare yang dari luar tuh, udah siap pakai, beda lagi di Indonesia kan kudu diracik dulu, maybe sih ya, hahaha.


Azelaic Acid Adalah


Rasanya udah banyak banget ya yang namanya acid-acid an, atau asam ini.
Dan semuanya bertujuan untuk chemical exfoliant, yaitu untuk mengangkat sel kulit mati di wajah dan mencerahkan kulit yang kusam.

Skincare jerawat

Hal ini penting banget buat kulit berjerawat, karena sel kulit mati akan bertumpuk dan menutupi pori-pori, lalu jadi jerawat deh.

Nah beberapa produk yang mengandung acid, seperti salicylic, hyaluronic, glycolic, dan juga alpha hydroxy, cukup memberitahukan kepada kita, bahwa acid adalah ‘sahabat terbaik’ dalam merawat kulit kita.

Nah, ketambahan lagi nih, dengan Azelaic acid, yang diprediksi bakalan populer sebagai salah satu skincare jerawat, di tahun 2021 ini.

Apa sih sebenarnya Azelaic Acid itu?
Azelaic acid adalah, jenis asam yang dibuat secara alami, yaitu terbuat dari barley dan biji gandum. 

Azelaic acid punya sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan juga sifat serta khasiat lainnya, yang bikin mulai dan semakin diliirik, untuk kandungan utama, produk perawatan kulit buat atasi jerawat maupun bekas jerawat.

Adapun kelebihan dari azelaic acid adalah, karena punya sifat pH yang dependent.
Artinya, kandungan azelaic acid berada di kadar keasaman yang pas untuk bekerja, yaitu pada pH 4.9.
PH tersebut kurang lebih sama seperti pH kulit manusia loh. 

Azelaic Acid juga bekerja dengan gentle leave-on exfoliant atau eksfoliator yang lembut dan membantu bersihkan pori-pori kulit yang tersumbat, bantu angkat lapisan teratas kulit, sehingga permukaan kulit menjadi halus. 

Bukan hanya itu, Azelaic acid juga mampu kurangi masalah kulit yang menyebabkan kemerahan, dan punya manfaat anti-oksidan. 


Sejarah Azelaic Acid Sebagai Skincare Jerawat


Setidaknya, sudah lebih dari 1 dekade, azelaic acid digunakan sebagai salah satu ingredients untuk penanganan masalah jerawat dan bekasnya.
 
Bermula di tahun 2002, FDA (Food and Drug Administration) mulai accept bahwa Azelaic Acid digunakan untuk penanganan masalah jerawat. 

Adapun cara kerja dari azelaic acid adalah, dengan menyerap hingga ke dalam pori-pori kulit, dan dapat melawan bakteri jerawat dengan sifat anti-bakterinya. 

Lalu, ketika bakteri penyebab jerawat dapat teratasi, infeksi pada pori-pori kulit pun dapat lebih cepat pulih, hal ini akan terlihat dengan berkurangnya jerawat. 

Karena itulah, azelaic acid jadi alternatif benzoyl peroxide untuk tangani jerawat, tentunya dengan risiko maupun efek samping yang lebih kecil.
Bukan hanya itu, dengan sifat anti-inflamasi-nya azelaic acid juga bisa bantu redakan kemerahan serta peradangan di area jerawat.

Sifat anti-bakteri yang dimiliki oleh azelaic acid menjadi salah satu kandungan yang efektif dalam atasi masalah kulit rosacea yang juga disebabkan oleh bakteri. 

Di tahun 2007, ditemukan kembali manfaat tambahan dari azelaic acid, yaitu dapayt bantu mencerahkan kulit. 

Hal ini terjadi dari sifat azelaic acid yang bantu hambat proses produksi melanin di kulit, yang beri pigmen warna pada kulit. 
Saat terjadi produksi melanin yang berlebihan, maka kulit jadi lebih gelap, dan terjadi hiperpigmentasi. 


Manfaat Azelaic Acid Untuk Kesehatan Kulit


Secara umum, ada beberapa manfaat kandungan azelaic acid untuk kesehatan kulit, yaitu:
  • Sebagai anti-aging, dengan kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat bekerja menangkal radikal bebas, dan tentunya mencegah penuaan dini.
  • Ampuh sembuhkan jerawat dengan fungsi anti-bakterinya.
  • Memudarkan noda hitam hingga hiperpigmentasi, serta mencerahkan wajah.
  • Mengurangi hingga menyembuhkan kulit iritasi dan kemerahan dengan fungsi anti-inflamasi.
  • Kurangi munculnya komedo karena bisa bantu bersihkan pori-pori yang tersumbat.
  • Mengangkat sel kulit mati, dengan bekerja mengeksfoliasi kulit.
  • Merawat masalah rosacea.


Cara Pakai Azelaic Acid


Cara pakai azelaic acid sebenarnya mudah, namun harus juga memperhatikan beberapa hal penting, agar khasiatnya bisa kita rasakan, dan tidak menimbulkan efek samping yang merugikan kulit.

Skincare untuk bekas jerawat

Dan cara atau menggunakan azelaic acid dalam skincare routine kita adalah:
  • Sebaiknya uji dahulu apakah kulit kita cocok memakai azelaic acid, caranya dengan membersihkan seluruh wajah, keringkan, lalu oleskan sedikit azelaic acid skincare di dahi, tunggu hingga 24 jam. Jika tidak ada efek lain, seperti kemerahan maka kita bisa meneruskan pemakaian azelaic acid.
  • Gunakan setelah pemakaian toner, dan setelahnya bisa dilapisi dengan Hyaluronic Acid agar kelembaban kulit terjaga, setelahnya oleskan azelaic acid skincare di kulit.
  • Sebaiknya gunakan dahulu pada malam hari, lalu amati hasilnya, jika positif maka bisa tingkatkan penggunaannya di waktu pagi dan malam hari.
  • Jangan lupa gunakan tabir surya atau sunscreen di siang hari.
  • Azelaic acid dapat digunakan bersamaan dengan AHA ataupun BHA.
  • Azelaic acid juga bisa digunakan bersama dengan retinol, bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa penggunaan keduanya, menghasilkan kulit yang lebih sehat dan kenyal, namun tentu saja dengan memperhatikan efek samping, apakah cocok di kulit kita.
  • Azelaic acid juga bisa digunakan dengan vitamin C. 
Dari keterangan penggunaan azelaic acid skincare kita ketahui, bahwa kandungan ini memang paling aman untuk kulit manapun, itu bisa dilihat dari beberapa penelitian, saking amannya dia bisa digunakan bersamaan dengan kandungan skincare lainnya.

Meskipun demikian, butuh penilaian pribadi juga di kulit masing-masing ya, sebaiknya sih gunakan dengan perlahan, sambil diamati hasilnya.

Demikianlah ulasan tentang azelaic acid yang mana sekarang mulai trending di Indonesia ketika azelaic acid skincare mulai masuk dan merambah dunia skincare Indonesia.
Hal ini tentu saja menjadi kabar baik buat yang memiliki masalah kulit sensitif dan berjerawat, karena menemukan skincare jerawat maupun skincare untuk bekas jerawat, yang mengandung azelaic acid. 

Ada yang udah pernah pakai?

Sumber: 
  • https://www.soco.id/post/beauty//azelaic-acid
  • https://www.masterclass.com/articles/what-is-azelaic-acid
  • https://gethealthyskin.com/ingredients/azelaic-acid
Gambar: Canva edit by Rey

With Love
Next Post Previous Post
37 Comments
  • YSalma
    YSalma 18 Oktober 2021 17.35

    Belum pernah pakai yang azelaic acid secara khusus, kalau campuran kosmetik jadi utk produk mengatasi jerawat bisa jadi sudah.

    Sepakat, penggunaan produk kosmetik harus benar2 ditest di kulit dulu sebelumnya, apalagi utk kulit berjerawat dan sensitif. Sebab reaksi kulit terhadap produk kan tidak sama.
    Salam beuty kak Rey 😍

    • Reyne Raea / Rey
      Reyne Raea / Rey 21 Oktober 2021 06.40

      Setau saya belum ada sih skincare lokal yang mengandung Azelaic Acid ini, karena dia masuk kategori obat-obatan, tapi kalau dari resep dokter biasanya bisa :)

  • dessy achieriny
    dessy achieriny 18 Oktober 2021 17.41

    Aku termasuk yanh jarang jerawatan jadi kurang paham bgt produk jerawat yang bagus. Namun karena anakku tipe wajahnya oily jadi harus tau bgt nih produk anti jerawat yang bagus. Harus hati2 juga ya mbak untuk coba produk baru takut gak cocok ke kulit, aware juga kandungannya harus aman dan terdaftar di bpom.

    • Reyne Raea / Rey
      Reyne Raea / Rey 21 Oktober 2021 06.40

      Betul banget, sebenarnya saya juga jarang jerawatan, tapi kepo dengan berbagai skincare ingredients hahaha :)

  • Wiwid Vidiannarti
    Wiwid Vidiannarti 19 Oktober 2021 00.07

    Kebetulan banget lagi cari rekomendasi skincare. Tapi aku belum pernah pakai produknya azelaic Acid ini. Aman, nggak?

    • Reyne Raea / Rey
      Reyne Raea / Rey 21 Oktober 2021 06.41

      Klaimnya bahkan lebih aman untuk kulit sensitif, dokter-dokter kulit biasanya resepkan kandungan ini buat obatin jerawat :)

  • Gioveny Astaning Permana
    Gioveny Astaning Permana 19 Oktober 2021 08.34

    Seingetku sih ya belum pernah pake skincare dengan kandungan satu ini. Kulitku cenderung kering normal, nah kalau kandungam azelaic ini bagusnya untuk kulit sensitif yaaa

    • Reyne Raea / Rey
      Reyne Raea / Rey 21 Oktober 2021 06.42

      Memang masih jarang Mba, cuman ada skincare dari luar.
      Iya Mba, cocok buat kulit berjerawat dan sensitif.

  • t h y a
    t h y a 19 Oktober 2021 10.40

    mantaapp, ilmunya mbaaa..
    aku nih ada kayak komedo atau jerawat putih gitu dekat hidung. satu biji doang tapi susah banget ngilanginnya, ampuunn dah..
    boleh juga nih nyobain skincare yg ada kandungan azelaic acidnya.. mudah2an cucok.. :D

    • Reyne Raea / Rey
      Reyne Raea / Rey 21 Oktober 2021 06.43

      HIhihi banget ya, ganggu banget tuh komedo :D

  • Mechta
    Mechta 19 Oktober 2021 16.58

    Terima kadij ulasannya tentang Azelaic Acid ini. Terus terang aku baru tahu hahaha..emang kudet banget aku ttg per-skincare-an. Hm, jadi tertarik karena kemampuannya sbg anti aging & hilangkan noda kehitaman di kulit nih..

    • Reyne Raea / Rey
      Reyne Raea / Rey 21 Oktober 2021 06.43

      Nah iyaaa, manfaatnya banyak dan cocok buat kulit sensitif :)

  • Keke Naima
    Keke Naima 19 Oktober 2021 20.06

    Gara-gara suka baca postingan beauty blogger, saya jadi suka memperhatikan kandungan skincare. Tadinya cuma taunya untuk kulit kering, berminyak, atau kombinasi hehehe. Sekarang saya baru tau lagi tentang azelaic acid.

    • Reyne Raea / Rey
      Reyne Raea / Rey 21 Oktober 2021 06.44

      Iya Mba, saya juga jadi lebih ngeh skincare ingredients karena nulis artikel beauty dan coba-coba sendiri skincare nya hahaha

  • Diah Kusumastuti
    Diah Kusumastuti 20 Oktober 2021 05.16

    Hihi iya nih kabar baik buat yg punya wajah berjerawat dan noda bekas jerawat yg gak ilang ilang kayak akuuu.. 😂😂
    Azelaic Acid ini ampuh bener ya.. moga-moga aku segera bisa dapetin dan cocok di wajah aku. Ya siapa tau meski acid ini bisa untuk semua jenis kulit tapi kulit wajahku bandel.. ya siapa tauu.. hehe.

    • Reyne Raea / Rey
      Reyne Raea / Rey 21 Oktober 2021 06.44

      Semangat mencoba Mba, kalau saya lagi cobain yang Cos de baha, nanti saya review pemakaiannya :)

  • Rach Alida Bahaweres
    Rach Alida Bahaweres 20 Oktober 2021 06.08

    Di dahi aku ada bekas jerawat yang sampai sekarang susah sekali ilang. Kayaknya aku harus pakai skincare yang mengandung bahan dasar azelaid acid ini mba

    • Reyne Raea / Rey
      Reyne Raea / Rey 21 Oktober 2021 06.45

      Bisa dicoba Mba :)

  • Lidya Fitrian
    Lidya Fitrian 20 Oktober 2021 07.22

    Azelaic acid diprediksi populer, nah ini aku udah mulau tergoda mbak pingin nyobain juga. Fungsunya sebagai eksfoliator juga ya

    • Reyne Raea / Rey
      Reyne Raea / Rey 21 Oktober 2021 06.46

      Hihihi iya Mba, karena udah mulai masuk tuh produk dari luar negeri yang mengandung Azelaic Acid, cuman di Indonesia kayaknya kudu cari senyawa turunan dari Azelaic acid ini :)

  • ida tahmidah
    ida tahmidah 20 Oktober 2021 07.44

    Azelac acid kayaknya cocok nih buat anakku yang jerawatan jadi pengen nyoba deh, kalau aku kulitnya normal cenderung kering jadi jarang banget jerawatannya....

    • Reyne Raea / Rey
      Reyne Raea / Rey 21 Oktober 2021 06.46

      Iya Mba bisa dicoba :)

  • April Hamsa
    April Hamsa 20 Oktober 2021 09.05

    Aku termasuk yang jerawatan jelang mens atau pas lagi stress berat mbak. Aku kalau denger "acid" langsung kepikiran emang itu buat yg berjerawat gtu, ternyata banyak ya acid2 ini salah satunya azelaic acid.
    Terus terang aku emang buta bahan2 pembuat skincare biasanya ya nurut apa yang tertera di kemasan atau iklannya
    TFS infonya jd pengetahuan baru buatku :D

    • Reyne Raea / Rey
      Reyne Raea / Rey 21 Oktober 2021 06.47

      Iya Mba, buanyak macamnya, dan bukan cuman buat jerawat, buat melembabkan juga banyak hehehe :D
      Kalau saya lebih ngeh sekarang, gara-gara nulis artikel tentang kecantikan hahaha

  • Shyntako
    Shyntako 20 Oktober 2021 09.15

    Aku belum pernah pake sih azelaic acid ini, ternyata lagi happening yaa dan ampuh kalo wajah lagi jerawatan. Well noted pengen cobain sih!

    • Reyne Raea / Rey
      Reyne Raea / Rey 21 Oktober 2021 06.46

      Semangat nyobain :)

  • lendyagasshi
    lendyagasshi 20 Oktober 2021 09.39

    Merk yang mengandung kandungan Azelaic Acid apakah, kak Rey?
    Hehehe..minta di spill, soalnya aku selama ini beli skincare masih berdasarkan klaim dari produk tersebut bukan dari ingrredients.

    Kak Rey pembahasannya keren sekali.

    • Reyne Raea / Rey
      Reyne Raea / Rey 21 Oktober 2021 06.38

      Diriku baru coba yang COs de Baha, nanti deh saya review juga pemakaiannya :D
      Yang lain ada sih, tapi belom pernah nyoba, rata-rata dari Korea dan Amerika kalau ga salah :)

  • Eka Rahmawati
    Eka Rahmawati 20 Oktober 2021 11.03

    azelaic acid ini cukup banyak berseliweran di Instagram story teman2ku. Aku sendiri belum coba tapi memang sudah masuk list skincare yg mau aku coba heeh

    • Reyne Raea / Rey
      Reyne Raea / Rey 21 Oktober 2021 06.37

      Kalau cocok untuk kebutuhan kulit, bisa dicoba nih Mba :)

  • Monica Anggen
    Monica Anggen 20 Oktober 2021 12.30

    Sering berkunjung ke blog ini jadi mulai paham dengan berbagai jenis skincare dan produk perawatan. Jadi kalo pas butuh referensi, aku mesti ke sini baca-baca. Nah azelaic acid baru dengar sih, tapi kulihat udah banyak juga yang pake ya

    • Reyne Raea / Rey
      Reyne Raea / Rey 21 Oktober 2021 06.37

      Kalau skincare nya kebanyakan dari luar Mba, di Indonesia palingan bisa didapatkan dari resep dokter kulit, namun sekarang skin care yang mengandung Azelaic ini dari luar yang dari Korea dan lainnya udah masuk kok ke Indonesia :)

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 20 Oktober 2021 12.53

    Aku termasuk yang ga pernah jerawatan nih Rey, jadi kurang tau tentang si Azelaic Acid ini. Skincare lokal ada yang udah pake kandungan ini kah, merk apa aja tuh?

    • Reyne Raea / Rey
      Reyne Raea / Rey 21 Oktober 2021 06.32

      Skincare lokal belum ada setahu saya Mba, karena pemakaian Azelaic Acid di Indonesia agak sulit, dia masuk kategori obat-obatan soalnya :D

  • Fera Marentika
    Fera Marentika 20 Oktober 2021 19.58

    akk aku kulit aku sekarang ini, jerawat dan sensitif, hiks :( aku belum pernah pakai azelaic acid ini, tapi baca di sini jadi pengen pakai deh mba rey xD tapi aku lagi hamil, bisa kah? atau nanti aja ya setelah melahirkan :D

    • Reyne Raea / Rey
      Reyne Raea / Rey 21 Oktober 2021 06.33

      bisa konsultasikan ke dokter kandungan dulu Mba, setau saya ini bahannya aman sih ya, paling sering direkomendasikan dokter-dokter kulit buat ngatasi kulit berjerawat dan sensitif :)

  • Rizka Edmanda
    Rizka Edmanda 22 Oktober 2021 07.26

    aku baru tau azelaic acid selama ini taunya cuma hyaluronic acid, niacinamide gitu2 doang hehe makasi informasinya mba jadi nambah wawasan

Add Comment
comment url

Related Post