Mengenal Retinol dalam Skincare yang Bikin Awet Muda

by - Agustus 12, 2021

Retinol adalah kandungan skin care anti aging

Beauty By Rey - Retinol dalam skincare adalah sebuah hal yang saya impikan saat ini, karena faktor usia, biar saya tetap terlihat awet muda *uhuk.

Dan seperti yang kita ketahui, retinol adalah kandungan dalam skin care yang merupakan bahan aktif turunan dari vitamin A, pas banget kan buat yang pengen terlihat awet muda terus.

Dan dengan penggunaan skincare dengan kandungan retinol yang sesuai dosis, serta cara pakai yang tepat, tentunya manfaat retinol yang untuk atasi masalah jerawat, angkat sel kulit mati di wajah, hingga perlambat tanda jadi tua di wajah, akan bisa saya nikmati.

Wanita ye, meski nggak semuanya nih, tapi kalau udah ngomongin tua, rasanya pengen mem-pause waktu nggak sih? Apalagi kalau udah liat wajah yang kusam, pori-pori gede, serta keriput mulai datang. 

Padahal ya, menua itu manusiawi, tapi butuh kesiapan mental juga ternyata untuk bisa menerimanya, hahaha.


Tentang Retinol


Retinol adalah salah satu kandungan bahan aktif yang ada di dalam skincare, dan diyakini bisa memperbaiki tekstur, pigmentasi, serta warna kulit secara lebih baik. 
Dan kesimpulan awal, retinol adalah teman untuk kulit yang mulai masuk fase penuaan.

Retinol cream wajah untuk anti aging

Untuk wanita yang bahkan mau masuk kepala tiga (duh saya malah udah mau kepala empat, hahaha), pasti muncullah rasa khawatir tentang timbulnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis-garis halus di wajah. 

Dan persis dengan hyaluronic acid, manfaat retinol adalah meningkatkan produksi kolagen dan regenerasi atau pembaharuan kulit wajah. 


8 Khasiat Retinol untuk Wajah.


Adapun manfaat atau khasiat retinol untuk wajah adalah:


1. Bantu percepat pembaharuan atau regenerasi kulit


Manfaat atau khasiat retinol untuk kulit wajah adalah, dapat membantu percepat regenerasi kulit jadi bikin kulit lebih cerah dan sehat.

Retinol juga berikan stimulasi agar kulit mampu produksi sel kulit baru lagi, dan caranya mengangkat sel kulit mati yang ada di wajah.


2. Bantu tingkatkan produksi kolagen


Khasiat atau manfaat lain dari retinol adalah dapat membantu tingkatkan produksi kolagen pada wajah, dan ini penting banget buat kesehatan kulit wajah. 

Retinol adalah sebuah produk yang bersahabat banget dengan produksi kolagen di wajah, yang membuat munculnya keriput dan garis halus kerutan di wajah bisa dicegah.

Bukan hanya itu saja loh, manfaat retinol untuk wajah bisa juga bantu memastikan si kolagen bisa selalu berfungsi dengan optimal di wajah.


3. Ada kandungan antioksidan


Jangan lupakan bahwa retinol adalah juga produk turunan dari vitamin A, karenanya khasiat retinol pada wajah juga sebagai antioksidan.
 
Atau manfaat retinol bagi wajah ini, dapat jadikan penghubung antara sel kulit yang satu dan lainnya, dan membuat sel kulit yang muda, dapat muncul ke permukaan kulit wajah.
Dan begitulah, tanda-tanda penuaan di wajah dapat dicegah kemunculannya.


4. Bantu hentikan pigmentasi


Retinol juga bisa bermanfaat menghentikan pigmentasi pada kulit wajah loh, karena proses penggelapan kulit atau pigmentasi itu memang dapat menyebabkan warna kulit wajah jadi tidak merata. 

Retinol adalah sebuah kandungan bahan aktif, sehingga bisa bantu hentikan proses pigmentasi itu. 
Dan ini berdasarkan hasil studi yang menemukan, bahwasanya menggunakan retinol secara efektif itu, sangat membantu kurangi pigmentasi yang berasal dari sinar matahari. 

Selain itu, khasiat dari retinol adalah, dia bisa kerja dengan tingkatkan regenerasi sel kulit dan tentunya bisa hambat produksi melanin di kulit. Sehingga, kulit wajah jadi merata deh warnanya.

Tapi yang perlu diingat, perubahan signifikan dari penggunaan retinol ini, biasanya memang terlihat setidaknya telah 3 bulan secara rutin memakainya.


5. Bantu cegah tanda penuaan


Fungsi dari retinol lainnya adalah, buat wajah juga nggak kalah penting yaitu, bisa cegah tanda-tanda penuaan, kayak kerutan dan garis halus di wajah gitu, juga perlambat kemunculannya pastinya.
 
Kok bisa? ya karena retinol sangat dapat merangsang terjadinya produksi kolagen secara lebih efektif, jadinya kulit nampak lebih sehat dan pastinya nampak awet muda, dong. 


6. Bantu bersihkan pori-pori kulit


Nah ini dia, bagi yang punya pori-pori gede kayak saya, tentunya rawan kotor kan tuh.
Maka pemakaian retinol ini juga bisa bantu bersihkan pori-pori kulit kita, dan itu jadi khasiat dari retinol lainnya untuk wajah.
 
Dengan adanya tumpukan minyak, maupun kotoran hingga keringat atau dari sisa make up, semua itu bikin rentan menyumbat pori-pori kulit wajah, hingga jadi penyebab utama timbulnya jerawat.
 
Makanya, menggunakan retinol dengan berkala bisa banget bersihkan pori-pori, sehingga bebas sumbatan di pori-pori. 


7. Dapat obati jerawat


Ternyata, kegunaan retinol lainnya untuk wajah yaitu bisa obati jerawat, bahkan dengan level parahnya yang sedang sampai parah.
 
Manfaat retinol adalah dengan kerja menjaga pori-pori kulit biar bersih, sehingga nggak akan terjadi penyumbatan di pori-porinya.
 
Nggak cuman itu, fungsi dari retinol juga bisa mengendalikan produksi minyak yang berlebih di wajah, yang mana ini jadi penyebab utama munculnya jerawat. 


8. Bantu atasi rosacea


Apaan tuh rosacea? saya juga baru tahu dong, hahaha.
Jadi, rosacea merupakan satu masalah kulit, dengan ditandai adanya kulit memerah.
 
Nah, khasiat dari retinol ini adalah, bikin wajah bisa atasi rosacea ini. 
Dengan menggunakan retinol, bisa bikin kulit jadi lebih sehat, yang caranya adalah mengalirkan darah menjadi lebih lancar.
 
Seperti yang disarankan oleh seorang ahli dermatologi, bahwa dengan menggunakan retinol untuk rosacea, dan pastinya dilakukan dengan perlahan ya, sekitar 1 sampai 2 kali dalam seminggu.
 
Etapi, mending konsultasi aja dulu ama dokter deh, sebelum menjadikan manfaat retinol ini untuk masalah wajah yang selalu alami rosacea. 


Kenali Efek Samping Retinol


Banyak ya manfaat dan khasiat serta fungsi dari retinol.

Skincare yang mengandung retinol

Akan tetapi, penting untuk diketahui dan diingat! bahwa retinol dengan kandungan bahan aktif yang bagus, dan sudah lolos dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (bukan hanya Indonesia dong!), tapi juga ada efek sampingnya loh. 

Dan adapun efek samping retinol adalah, bisa membuat kulit kering serta iritasi, nah!. 
Sungguh lucu si Rey ini, padahal dia berburu hyaluronic biar lembab, malah cari yang bikin kering, hahaha.

Akan tetapi, hal ini biasanya terjadi saat kita pertama kali mengoleskan skincare yang mengandung retinol di kulit kita. 

Nggak cuman itu loh, retinol juga punya efek samping lainnya, yaitu bikin kulit jadi merah atau kemerahan, kulit jadi gatal, sampai kulit mengelupas. 

Namun jangan khawatir, efek samping retinol itu memang cenderung normal saat penggunaannya pertama kali di wajah. 

Hal ini terjadi, karena retinol adalah sebuah produk yang merawat kulit, dengan cara bersifat buruk dulu, baru membaik.
 
Yang dalam pengertian awam, kulit akan terasa kering dulu, bahkan sampai kemerahan saat pertama kali kita make retinol, yang menjadi proses adaptasi bagi kulit, dan biasanya terjadi selama hitungan beberapa minggu sejak pemakaian awal

Dan perlu kita ketahui juga, efek samping dari retinol ini memang  bersifat sementara, yang tentunya akan berkurang seiring kulit yang bisa semakin beradaptasi terhadap retinol, yang terjadi selama beberapa minggu. 

Etapi patut diingat, kalau efek samping yang buruknya nggak berhenti-henti, mending konsultasi ke dokter aja deh.

Demikian lah, dan akhirnya kita jadi tahu kan bahwa retinol adalah kandungan skincare dengan banyak kelebihan atau manfaat, tapi juga ada efek sampingnya.

Sumber:
  • https://www.gayasehatku.com/
  • https://www.tribunnews.com/
Gambar: Canva edit by Rey

With Love

You May Also Like

2 Comments

  1. ngomongin retinol aku juga baru nyobain skincare dengan retinol nih. sebelumnya sudah dipesenin sih, untuk pemula retinol nggak boleh dipakai tiap hari, alhamdulillah kulitku gak rewel hehe. salam dari sesama emak calon kepala empat *uhuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, emak menjelang 40 wajib coba retinol :)

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel saya,
Silahkan meninggalkan komentar dengan akun/url yang aktif :)