10 Jenis Kain untuk Gamis dan Gambarnya untuk Trend 2021

by - Agustus 21, 2021

Jenis kain untuk gamis dan gambarnya

Beauty By Rey - Ada banyak jenis kain yang biasanya digunakan untuk gamis dan juga dari gambarnya terlihat adem dan nyaman.

Namun jujur, saya nggak hafal semua jenis kain tersebut, terlebih untuk gamis, meskipun dilengkapi dan gambarnya yang jelas, karena saya memang jarang pakai gamis, hahaha.

Siapa nih yang suka pakai gamis, saya mencoba mengingat-ngingat, kira-kira ada berapa ya gamis yang saya punya? dan suprised sendiri, setelah menyadari, saya nyaris nggak punya gamis.

Apalagi gamis-gamis kekinian yang sering dipakai muslimah-muslimah saat ini, yang menjuntai indah, lengkap dengan hijab panjangnya.
Kayaknya bukan Rey banget deh, hahaha.

Meskipun demikian, jujur saya juga pengen, one day bisa hijrah beneran mengganti semua celana yang saya punya, terutama yang ketat-ketat itu loh, menjadi busana muslim yang sepatutnya, seperti gamis.

Sebenarnya alasan paling besar, mengapa saya masih belum mantap pakai gamis adalah, selain saya kerepotan sendiri kalau pakai gamis dan naik motor, di mana jangankan pake gamis ya?
Orang pake celana aja ribetnyaaaa minta ampun kalau mau naik motor, terutama kalau kedua bocah ikutan.

Apalagi pakai gamis?

Alasan utamanya juga adalah, karena saya nggak betah pakai gamis dan kegerahan.
Duh ye, si mamak Rey ini memang sungguh kebanyakan ribetnya jadi manusia.

Tapi beneran, saya tuh kagum sama kakak saya yang memang udah beneran hijrah dan nggak pernah lagi pakai celana ketika di luar rumah, kakak saya tuh entah sudah terbiasa, tapi dia sungguh tahan banget terhadap kondisi gerah.

Usut punya usut, selain kakak saya memang udah terbiasa, terlebih di masa pandemi ini, dia sering banget pakai hazmat ke kantor, juga memang kakak saya memilih jenis kain untuk gamis yang terbaik, berdasarkan pengamatannya dari karakter bentuk dan gambar kain tersebut.

Dan setidaknya ada 10 jenis kain yang biasa dipergunakan untuk gamis yang nyaman, seperti berikut ini dan gambarnya, yang menjadi trend di tahun 2021 ini:


1. Jenis Kain BALOTELLI


Kain Balotelli adalah sebuah jenis kain yang paling populer digunakan untuk gamis di trend 2021 ini.
Kain ini punya bahan yang cukup tebal sehingga tidak menerawang, juga punya ciri khas seperti tekstur motif kotak-kotak kecil dan bergaris.

Jenis kain untuk gamis dan gambarnya

Bahan utamanya, dibuat dari campuran serat dan juga bisa dibilang masuk golongan katun.
Dengan karakteristik yang pas banget untuk dijadikan sebuah gamis yang nyaman, yaitu: tidak menerawang, tidak mengikuti bentuk tubuh ketika dipakai, kain cukup tebal dan halus, tidak mudah kusut yang tentunya nyaman untuk dipakai.

Karena itulah, kain ini sering banget dipilih untuk menjadi bahan utama jenis kain untuk gamis.
Adapun harga pasaran jenis kain balotelli untuk gamis ini adalah, sekitar Rp. 20 ribu - 25 ribu per meter.


2. Jenis Kain CHIFFON / SIFON


Kain chiffon atau biasa disebut sifon adalah, jenis kain yang juga biasa digunakan untuk gamis, dan biasanya terbuat dari bahan sutra, nilon, katun, polyester, rayon atau campuran kain lainnya.
 
harga dan jenis kain untuk gamis

Berbeda dengan kain balotelli, kain sifon memang punya karakteristik bahan yang lumayan tipis, namun tetap halus, tidak menerawang, mudah jatuh dan tentunya licin.

Karenanya, jenis kain ini biasanya digunakan untuk gamis yang perlu lapisan dalam atau biasa disebut dengan furing.
Adapun harga pasaran jenis kain sifon untuk gamis ini adalah, sekitar Rp. 20 ribu - 25 ribu per meter.


3. Jenis Kain CREPE


Kain crepe merupakan salah satu jenis kain untuk gamis, yang juga paling banyak diminati oleh para muslimah, karena kain ini punya karakteristik sifat yang lentur dan fleksibel, tidak kaku, serta yang paling menonjol adalah tekrturnya mirip butiran kerikil pada permukaannya.

Jenis kain untuk gamis

Ada beberapa jenis kain crepe yang beredar di pasaran, seperti: Crepe de Chine, Crepe Georgette, Wool Crepe, Bubble Crepe dan masih banyak lagi.
Harga jenis kain crepe ini di pasaran adalah sekitar Rp. 25 ribu - 45 ribu per meter.


4. Jenis Kain JERSEY


Kain Jersey adalah jenis kain untuk gamis yang terbuat dari kain tekstil rajutan, dan dibuat dari sekitar 98% katun, dan sedikit campuran bahan sintesis.

Jenis kain untuk gamis dan gambarnya

Adapun karakteristiknya adalah, merupakan cotton stretch yang terasa halus, namun lebih tebal dari jenis kain spandex, serta nggak berbulu.

Karenanya, jenis kain ini sering digunakan untuk membuat gamis, hingga T-Shirt, karena kainnya hangat, lebih elastis, fleksibel ketika dipakai.

Namun, karena salah satu karakteristiknya adalah mengikuti bentuk tubuh ketika dipakai, maka untuk pembuatan gamis, sebaiknya pilih Jersey Premium karena lebih tebal.
Harga jenis kain Jersey ini di pasaran adalah sekitar Rp. 40 ribu - 80 ribu per meter.


4. Jenis Kain KATUN JEPANG


Jenis kain katun jepang ini, awalnya lebih banyak kita temukan pada pembuatan sprei, karena memang nyaman banget.

Jenis kain untuk gamis dan gambarnya

Namun, seiring waktu, penggunaan kain katun Jepang untuk gamispun mulai banyak.
Hal ini dikarenakan jenis kain ini memiliki serat yang halus dan dingin, dan juga tidak luntur, meski motifnya beragam. 

Adapun harga jenis kain katun Jepang ini di pasaran adalah, sekitar Rp. 40 ribu - 50 ribu per meter.


6. Jenis Kain WOLFIS


Jenis kain wolfis biasanya banyak digunakan untuk bahan hijab maupun bergo.
Namun banyak juga digunakan sebagai jenis kain untuk pembuatan gamis, karena memiliki karakteristik serat yang halus serta rapat.

Jenis kain untuk gamis dan gambarnya

Bahannya pun tebal, tidak menerawang, namun tetap ringan untuk dipakai.
Ditambah lagi, tidak mudah panas serta tak mudah kusut.

Dan jenis kain Wolfis ini, dijual dengan harga Rp. 20 ribu - 30 ribu per meter.


7. Jenis Kain CERUTI


Adapun jenis kain ceruti adalah, merupakan kain yang punya tekstur kayak kulit jerut, namun ketika diraba terasa halus.

Jenis kain untuk gamis dan gambarnya

Secara karakteristik memang mirip kain sifon, namun bedanya kain ceruti biasanya lebih halus, lembut, elastis, serta lebih jatuh.

Ada beberapa macam jenis kain ceruti, seperti: Ceruti Geogette, Ceruti Premium, Ceruti Diamond, Ceruti BabyDoll, dan sebagainya.

Harga kain ini dipasaran, sekitar Rp. 20 ribu - 30 ribu per meter.


8. Jenis Kain LINEN


Jenis kain Linen ini biasanya ditandai dengan warna-warna mencolok atau cerah, dan mempunyai karakteristik berserat, halus, kaku, jatuh, dan ringan.

Jenis kain untuk gamis dan gambarnya

Meski kain ini tidak begitu tebal, namun juga tidak terlalu menerawang.
Dan harga pasarannya biasanya adalah, Rp. 20 ribu - Rp 40 ribu per meter.


9. Jenis Kain COTTON COMBED


Jenis kain cotton combed ini terbuat dari rangkaian benang kapas yang di-spinning dengan mesin tambahan yaitu combing.

Jenis kain untuk gamis dan gambarnya

Kain ini termasuk jenis kain yang sangat halus dan nyaman serta dingin ketika dipakai.
Tidak mudah kusut ataupun luntur, juga tidak berbulu.

Harga di pasaran untuk kain cotton combed ini adalah sekitar Rp. 40 ribu - 60 ribu per meter


10. Jenis Kain MAXMARA


jenis kain Maxmara biasanya juga disebut dengan sutra satin, yaitu bahan kain yang banyak dipakai wanita berbagai usia. 

Jenis kain untuk gamis dan gambarnya

Punya sifat bahan yang ringan, jatuh ketika dipakai, serta teksturnya halus dan lembut, sehingga kain ini sering banget digunakan untuk gamis acara formal.

Kain ini juga nggak menerawang, sekaligus nggak mudah kusut, dan harga kain Maxmara ini di pasaran adalah sekitar Rp. 40 ribu per meter.


Demikianlah 10 jenis kain untuk gamis dan gambarnya, yang menjadi trend di tahun 2021 ini.
Temans bisa jadikan referensi untuk membeli kain guna menjahit gamis sendiri.

Atau bisa juga membeli gamis yang ada di online shop seperti di Shoope ini.
Karena jika kita lebih kenal jenis kain untuk gamis dan gambarnya juga, maka kita bisa memutuskan akan membeli gamis dengan jenis kain apa.

Sumber: https://www.idntimes.com/ diakses 21 Agustus 2021
Gambar: Canva, pinterest dan mizutex.com 

Love

You May Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel saya,
Silahkan meninggalkan komentar dengan akun/url yang aktif :)