Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi Dengan Mudah agar Mandi terasa lebih Nyaman

by - April 12, 2021

Cara membersihkan kerak kamar mandi

Beauty By Rey - Salah satu ruangan yang sering digunakan oleh penghuni rumah adalah kamar mandi, khususnya bagi kita para wanita yang selalu berlama-lama di kamar mandi agar lebih segar dan cantik.

Setiap hari pasti selalu ada aktifitas di ruangan tersebut. Mulai dari mandi, mencuci baju, hingga buang air kecil/besar, hingga merawat kulit tubuh maupun wajah.

Karena begitu seringnya aktifitas di ruang kamar mandi tersebut, maka wajar jika lama kelamaan muncul kerak dibagian lantai dan dindingnya.

Biasanya kerak timbul dari sisa-sisa air sabun yang menempel, apalagi ketambahan cipratan body scrub saat luluran di kamar mandi.

Lama kelamaan noda air sabun itu jadi mengeras, sehingga menimbulkan kerak di ruang kamar mandi tersebut.

Kerak kamar mandi dapat dipicu berbagai macam jamur dan lumut yang menumpuk di kamar mandi.

Nah, kerak yang ada itu tentu saja akan mengganggu pandangan mata. Rasanya kok jadi gak nyaman aja ngeliatnya. Iya 'kan? 

Karenanya, kerak itu perlu untuk dibersihkan, agar kamar mandi terasa nyaman kembali untuk digunakan.

So, apakah Anda juga sedang mengalami problem yang sama? Yaitu kamar mandi Anda mulai berkerak, sehingga harus segera dibersihkan?

Jika iya, maka perlu bagi Anda untuk mengetahui tentang cara membersihkan kerak kamar mandi tersebut.

Sebenarnya untuk membersihkan kerak yang berada di kamar mandi tidak perlu menggunakan bahan kimia. Anda bisa membersihkannya menggunakan bahan alami saja.

Berikut beberapa bahan alami tersebut:


1. Menggunakan Air Lemon


Salah satu cara membersihkan kerak kamar mandi yang terdapat pada bagian pancuran air adalah dengan bahan air lemon. 

Tidak hanya bagian itu saja, bagian lain yang mengalami noda karat juga dapat menggunakan bahan yang satu ini.

Dengan memakai air jeruk lemon, tentunya tidak perlu untuk mengganti pancuran air dengan yang baru. Apalagi membeli bahan kimia untuk membersihkannya.

Hal ini dikarenakan air dari jeruk lemon mengandung zat asam yang cukup tinggi. 

Caranya adalah dengan mencampurkan air lemon dengan garam. Kemudian tuangkan pada bagian yang ingin dibersihkan dan diamkan selama beberapa saat, lalu sikat bagian tersebut.


2. Menggunakan Asam Cuka


Selain dengan bahan air lemon, ternyata air asam cuka juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kerak pada kamar mandi.

Dengan memakai bahan asam cuka, maka tidak perlu lagi membeli bahan khusus untuk membersihkan kerak kamar mandi yang berasal dari bahan kimia.

Cara menggunakan asam cuka untuk membersihkan kerak adalah dengan mencampurkannya dengan air. 

Perbandingan antara kedua bahan ini adalah 1 banding 1. Kemudian tuangkan campuran air dan cuka tadi pada bagian kerak yang akan dihilangkan.

Selanjutnya, sikat sampai bersih.
Namun jika noda tetap susah dihilangkan, dapat dicoba dengan menuangkan bahan cuka saja tanpa campuran air.


3. Menggunakan Sitrun


Untuk membersihkan lantai kamar mandi yang berkerak tidak perlu lagi harus membeli bahan pembersih khusus dengan harga yang cukup mahal. 

Dengan menggunakan sitrun yang bisa didapatkan melalui toko bahan makanan juga dapat dicoba.

Caranya adalah, dengan membasahi lantai kamar mandi dengan air terlebih dahulu. Lalu taburkan sitrun pada lantai, kemudian tunggu kurang lebih selama 1 jam. 

Langkah terakhir adalah dengan menyikat bagian lantai yang telah ditaburi sitrun sampai bersih dan bilas dengan air.


4. Menggunakan Garam


Garam adalah bahan dapur yang memiliki harga murah meriah. 
Tentu cara membersihkan kerak kamar mandi dengan bahan garam jauh lebih hemat. J

ika dibandingkan harus membeli pembersih berbahan kimia di toko.

Caranya adalah dengan mengambil garam sebanyak 3 sendok makan, yang dicampur dengan 2 liter air. 

Kemudian rebus hingga mendidih campuran kedua bahan tersebut lalu tuang pada lantai yang berlumut. Setelah itu sikat dan bilas lantai sampai bersih.


5. Menggunakan Air Teh


Untuk menghilangkan kerak pada bagian kaca kamar mandi yang disebabkan oleh berbagai macam bakteri dan jamur. 

Caranya cukup mudah, hanya dengan menggunakan bahan dari air teh. 

Langkah pertama adalah dengan mencampurkan ampas teh dengan air dan juga cuka.

Perbandingannya adalah 400 ml untuk air yang dicampur dengan teh dan 40 ml untuk air cuka. 

Tuangkan campuran air tersebut ke dalam sebuah botol semprotan. Kemudian semprotkan pada bagian kaca secara merata, lalu tinggal lap dengan kain sampai bersih.

Cara membersihkan kerak kamar mandi

Demikian ulasan tentang cara membersihkan kerak kamar mandi dengan bahan alami. 

Cara ini dinilai lebih aman dan juga hemat jika dibandingkan dengan bahan kimia dari pabrikan. 

Jika Anda ingin tahu informasi menarik lainnya tentang tips desain rumah, maka Anda bisa mendapatkannya di blog Bang Izal Toy.


Semoga bermanfaat.  

Pic source: Canva

You May Also Like

18 Comments

  1. Aku sempet pake pemutih pakaian bisa bersih mbak. Ahaha. Kalau baju dulu aku pake cuka sama sitrun buat baju-baju putih tapi jangan terlalu banyak bisa kuning.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah obat hilang kerak ada di dapur. Jadi tinggal pengerjaan aja.

    BalasHapus
  3. aku pernah cobain pakai coca cola mbak hahaa dan beneran loh lumayan ngaruh ke kerak di kamar mandi, tp jadinya keramiknya sedikit rapuh :(

    BalasHapus
  4. Mba, air tehnya harus dibiarkan mengendap dulu atau udah bisa langsung digunakan mba ? Tq

    BalasHapus
  5. Semua tipsnya bisa saya coba, kecuali yang cuka. Saya gak suka banget sama bau cuka.

    BalasHapus
  6. Bagi aku kamar mandi yang bersih no kerak itu harus banget, karena me time aku salah satunya ya mandi berlama lama dikamar mandi hehe jadi kamar mandinya harus bersih dan no kerak kerak deh

    BalasHapus
  7. Belakangan ini aku andalkan satu produk utk sikat habisss kerak2 dan noda kehidupan di toile.
    Apakah ituuu? VANISH!

    Yap, VANISH yg buat baju itu bisa juga dipake ngosrek2 toilet dan WC mba.
    Coba deh :D

    BalasHapus
  8. Wah boleh juga nih dicoba tipsnya, apa lagi bahan2nya mudah semua ada di dapur nih
    kayaknya kecuali cuka deh, jarang masak pake cuka soalnya hehe

    BalasHapus
  9. kalo aku pakai scotch brite yang buat cuci piring tapi yang bagian kasarnya mba, seminggu sekali dijamin kinclong terus tanpa karat atau kerak gitu. Atau bisa coba tipsnya mba rey juga nih biar makin gampang musnah ya nodanya.

    BalasHapus
  10. Ibuku biasanya dulu suka memanfaatkan ampas kelapa, kak Rey...
    Tapi memang udahannya bakalan susah banget bersihinnya yaa...paling enak pakai air lemon, sitrun, garam atau air cuka yaa.. aman tak berampas, tapi kamar mandi tetap kinclong.

    BalasHapus
  11. Saya pernah baca info pakai citrun bisa. Nggak hanya itu sih, buat membersihkan WC juga bisa, itu lho yang tangki air buat ngeflush. Trus buat tangki air besar juga bisa. Dari harga juga lebih murah dibanding lemon.

    BalasHapus
  12. Wah baru tau bisa juga ya pakai air teh biasanya aku pakai obat khusus nih kalau membersihkan kerak kamar mandi.

    BalasHapus
  13. Aku baru tau ternyata bisa juga menggunakan air teh. Pengen cobain ahh. Ada di sudut kamar mandi yg rada susah hilang keraknya. Nnt cobain deh

    BalasHapus
  14. Kalau aku sayang air lemonnya mahal untuk bersihin kerak. Baisanya aku pakai bahan kimia yang lebih aman dan harganya terjangkau. Tapi trims sharingnya ya <3

    BalasHapus
  15. Informasinya berguna banget kak. Aku butuh ngebersihin kaca kamar mandi. Ternyata bisa ya pakai ampas teh gitu samaa cuka. Aku coba ah

    BalasHapus
  16. ternyata membersihkan kerak kamar mandi juga bisa pakai bahan bahan yang mudah ditemui dirumah, aku nggak kebayangn kalau teh bisa ngebantu membersihkan kerak

    BalasHapus
  17. wah bisa pake air teh ternyata, terimakasih infonya ya ka :D

    BalasHapus
  18. wahhh makaasih mbaa informasinya

    kebetulann dikamar mandi saya jugaa blm dibersihinn ...hhihi

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel saya,
Silahkan meninggalkan komentar dengan akun/url yang aktif :)