Cara Mencari Review Skincare Terpercaya

by - Januari 21, 2021

Cara mencari review skincare terpercaya

Beauty By Rey - Dalam mencoba sebuah skincare baru, terlebih yang harganya mahal, hal pertama yang saya lakukan adalah, mencari tahu testimoni atau review dari orang-orang yang pernah makai produk tersebut.

Karenanya, biasanya yang saya lakukan adalah googling, untuk mencari reviewnya.

Sayangnya, zaman now, kebanyakan tulisan review produk skincare, adalah review berbayar, yang seringnya tidak membahas lebih detail tentang kekurangan produk.

Karenanya, mencari review pemakaian skincare yang terpercaya itu penting buat saya.
Meskipun ujung-ujungnya, saya lebih kegoda diskonan, tapi tetap saja, yang namanya review atau testimoni pemakaian dari orang lain itu penting buat saya.

Lucky me, sejak serius ngeblog, khususnya dengan menyisikan waktu juga untuk membangun blog beauty ini, di samping personal blog saya di www.reyneraea.com serta www.parentingbyrey.com, saya jadi tahu beberapa website yang bisa saya jadikan jujugan dalam mencari tahu testimoni terpercaya dalam pemakaian produk tersebut.


Cara Mencari Review Skincare Terpercaya A la Rey


Bukan hanya itu, saya juga jadi bisa membedakan, mana review jujur, mana juga review berbayar  dari para beauty blogger yang bisa saya jadikan patokan.

Dan beberapa cara yang saya terapkan untuk mencari review skincare terpercaya adalah?


1. Mencari review dari website yang terpercaya


Ada 2 website yang paling sering saya jadikan jujugan dalam membaca testimoni atau review pemakaian produk yang saya incar, yaitu: review.soco.id dan reviews.femaledaily.com

Cara Mencari Review Skincare Terpercaya

Di kedua website tersebut sebenarnya nyaris sama, ada juga review asal-asalan, karena kedua platform tersebut sering banget memberikan beberapa produk untuk dicoba para netizen, tentunya dengan barter sebuah review di website tersebut.

Namun, tetap juga ada beberapa honnest review, yang detail menggambarkan kelebihan dan kekurangan produk skincare, serta manfaatnya di kulitnya dengan jenis kulit tertentu.

Karenanya, hal tersebut bisa menjadi sebuah patokan saya dalam mengira-ngira, apakah produk skincare yang saya incar (dan kebanyakan karena diskon itu), cocok buat kulit wajah saya.

Bagaimana membedakan, mana yang review jujur, mana yang review produk karena dikasih gratisan?
Biasanya yang review produk hasil beli sendiri tuh, lebih detail baik kelebihan produk maupun kekurangan produk.

 

2. Mencari review dari blog bukan artikel berbayar


Memang sih, tidak semua artikel berbayar itu hanya mengulas tentang kelebihan produk, ada juga yang tetap membahas kekurangan produk.

Namun, kebanyakan memang, artikel berbayar itu, sedikit bias terhadap fee serta produk yang diberikan *eh.
Karenanya, untuk saya pribadi, lebih suka mencari artikel review yang bukan artikel berbayar, jadi lebih detail membahas semuanya, bukan hanya kelebihannya, tapi juga kekurangannya.

Sebenarnya, mencari review melalui blog para beauty blogger itu lebih baik, karena biasanya mereka mengulas lebih lengkap tentang produk tersebut.
Namun, bagi saya, mencari artikel yang organic (bukan artikel berbayar) biasanya lebih terpercaya.

Namun, bukan berarti artikel berbayar saya skip, tentu saja kadang juga saya baca, setidaknya dijadikan pengetahuan lebih.

Adapun membedakan artikel berbayar atau enggak, biasanya sih dikasih label sponsored gitu, namun ada juga yang sengaja nggak kasih label kerjasama, namun bisa dilihat adanya backlink dan kontak produk di dalam artikel, terlebih backlink-nya adalah dofollow.

3. Rekomendasi teman dari medsos


Saya punya beberapa sahabat blogger yang lebih aktif mereview produk skincare di medsos seperti instagram, ketimbang blog.
Biasanya, postingan mereka tuh udah cukup bikin saya punya insight baru mengenai produk yang saya incar.

Tapi balik lagi, biasanya saya lebih percaya kepada honnest review ketimbang yang endorse.
Dan yang membedakan biasanya yang endorse tuh ada hastag khusus serta tag akun brand, di mana saat kita pakai hastagnya, akan muncul foto lain yang di upload dalam waktu berdekatan dengan foto tersebut.


Tentang Review Skincare Terpercaya  


Sebenarnya, tidak semua artikel review skincare berbayar itu tidak terpercaya, banyak juga yang bisa dijadikan patokan kok.
Hanya saja dibutuhkan kejelian kita dalam memahami maksud tulisan yang biasanya diatur sehalus mungkin dalam membahas kekurangan produk.

Cara Mencari Review Skincare Terpercaya

Ye kan, nggak mungkin juga ditulis dengan frontal kayak lagi nulis honnest review dari produk yang tidak berbayar, karena terikat etika kerjasama antara blogger dengan klien.

Sayangnya, memang nggak semua orang memahami hal ini, bahkan beberapa orang justru mengatakan, bahwa artikel review berbayar itu nggak berani mengatakan jika produk itu tidak recomended.

Saya rasa itu terlalu frontal ya, karena:

Pertama: Seorang blogger sebijaknya memang hanya menerima review produk skincare yang telah lolos BPOM, karena tentu saja produk yang demikian sudah recomended, tentunya buat yang kulitnya cocok dengan kandungan yang ada di dalam skincare tersebut.

Kedua: Adanya etika kerjasama antara blogger dengan klien, di mana bahkan untuk mengulas kekurangannyapun, kudu ditulis sebaik mungkin, agar pembaca tidak gagal fokus hanya di kekurangan, hingga belum apa-apa juga udah memutuskan nggak mau mencoba. 

Karenanya, adalah hal yang sangat tidak mungkin, bagi seorang blogger menuliskan review berbayar, dan menulis kesimpulan tidak bisa merekomendasikan produk tersebut.

Terlebih, untuk produk skincare, itu kayak jodoh.
Bahkan yang sama jenis kulitnya saja bisa nggak cocok loh.
Karenanya, kenali jenis kulit masing-masing, dan teliti ingredients dari produk tersebut, serta pelajari isi ingredients-nya, jika memang belum punya pengalaman, ingredients mana aja yang cocok maupun nggak cocok di kulit masing-masing.

So temans Beauty, kalau kalian, gimana nih cara mencari review skincare yang terpercaya?


Sumber : Pengalaman pribadi
Gambar : canva edit by Rey

With Love

You May Also Like

9 Comments

  1. susah tentunya untuk menemukan review yang bener bener terpercaya dalam hal yang nggak melulu menceritakan positifnya aja.
    aku aja untuk beli satu produk, googling review sana sini dan nggak langsung memutuskan beli di waktu itu. mikirnya lama
    takut cocok atau enggaknya sama kulit juga, pokoknya banyak nyari review dari internet aja, kayak beauty blogger juga.
    malah post mba roem sempet bikin aku keracunan juga, karena sebelumnya udah banyak baca review, akhirnya memutuskan beli juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jadi terharu, Mbak Ainun 🥺. Semoga produknya cocok di Mbak Ainun yaaaaa 😆

      Hapus
    2. Hahahaha iyaaa, untungnya sejak jadi blogger jadi tahu ya, mana yang berbayar mana yang enggak, kadang kalau berbayar tuh nggak begitu terpercaya hahaha
      Si Roem mah memang terniaaattt kalau review :D

      Hapus
  2. Aku sukanya langsung ke google, ketik keyword, terus klik review dari blog yang terdaftar di google itu, Mbak Rey 🤭. Menurutku baca review dari blog lebih enak soalnya penjelasannya lebih rinci. Jadi lebih puas aja bacanya.🥰

    Kalau di female daily dan soco review, kadang aku masih suka buka. Tapi sering terganggu dengan review yang asal-asalan dan berujung jualan produk preloved 😂. Selain itu, aku masih oke aja sama review-review di dua platform itu, Mbak.🤭

    Di instagram juga sering. Tapi cuma lihat-lihat produk yang lagi dipakai sama mutual aja. Soalnya cari review suatu produk lewat instagram gak semudah di google 😅. Intinya google is the best lah, Mbak.🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, di kedua web itu soalnya sering ngasih gratisan buat di review kan ya, jadinya kadang orang reviewnya nggak beneran, terlebih kadang makenya baru sehari dua hari udah diminta tulis reviewnya :D

      Betul Roem, google is the best :D

      Hapus
  3. kalo untuk review skincare biasanya aku lebih seneng nontonin youtube..
    kayak si suhay salim atau tasya farasa gitu.. tapi baca review dari blog juga sih, cari yang page one aja. kalo cari dari website soco atau femaledaily gitu malah ga pernah aku mbaa.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahhh, diriku jarang suka pantengin video sih, lebih suka baca sayanya, kalau youtube sesekali aja :D

      Hapus
  4. Tips yang sangat bermanfaat... Apalagi untuk orang yang masih awam dengan dunia per-skincare-an. ��

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel saya,
Silahkan meninggalkan komentar dengan akun/url yang aktif :)