Manfaat Lendir Siput Untuk Wajah Serta Pro Dan Kontranya

by - Oktober 31, 2020

Manfaat Lendir Siput Untuk Wajah Serta Pro Dan Kontranya

Beauty By Rey - Apa sih manfaat lendir siput untuk wajah?
Mungkin pertanyaan itu yang akhir-akhir ini sering terngiang di benak saya, karena melihat munculnya skin care per siput an.

Padahal ya, membayangkan lendir siput aja, udah bikin geli banget.

Tapi anehnya, semakin geli, saya semakin penasaran.
Well, aslinya penasaran saking seringnya liat iklan Some By Me sih, ketambahan beberapa teman blogger juga ada yang sering beli produk tersebut dan cocok di dia.

Karena itulah, ketika saya utak atik Sociolla, dan menemukan salah satu produk dengan kandungan siput sedang diskon, biar kata bukan Some By Me tapi Benton, langsung saya order, mau nyobain kan ye.


Apa Manfaat Lendir Siput Untuk Wajah?


Dan awal pemakaian sih, deg-degan, takut nggak cocok.
Tapi, suprisingly ternyata setelah pemakaian hingga sebulanan dan lebih, kulit wajah saya oke-oke saja.
Dan saya sudah membagikan bagaimana review produk Benton mengandung siput tersebut.

Manfaat Lendir Siput Untuk Wajah
source: calyxta.com

Lalu, ada yang komen, bahwa sesungguhnya manfaat lendir siput itu hanyalah melembapkan saja. 
Yang mana mending pakai bahan lain aja.
Hal itu bikin saya penasaran, apa sih sebenarnya manfaat dari lendir siput, khususnya buat kulit wajah?

Dan ternyata, setelah browsing sana sini, saya menemukan beragam manfaat lendir siput untuk wajah, yaitu:


Melembapkan kulit


Lendir siput mengandung asam hialuronat yang diklaim dapat melembapkan kulit dengan baik. Dari berbagai penelitian ditunjukan bahwa, asam hialuronat efektif untuk mengikat atau mengunci air di permukaan kulit wajah, sehingga kulit akan terasa lebih lembap.


Menjaga kekenyalan kulit


Bukan hanya melembapkan, lendir siput juga diyakini mengandung kadar antioksidan yang tinggi sehingga dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. 

Jika produksi kolagen kulit baik, maka elastisitas kulit wajah akan lebih terjaga, dan kulit akan terasa lebih kenyal.


Mengurangi munculnya kerutan


Nggak cukup sampai di situ, pemakaian produk perawatan kulit dengan mengandung lendir siput juga diyakini mampu membantu mengurangi munculnya kerutan di wajah. 

Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam hialuronat pada lendir siput, yang dapat membantu hidrasi pada kulit. 
Di mana, hidrasi kulit yang baik sangat membantu mencegah terjadinya kerutan, serta memperbaiki tekstur kulit.


Mencegah munculnya jerawat


Belum menemukan produk perawatan kulit untuk atasi masalah jerawat?
Mungkin bisa mencoba produk perawatan kulit yang mengandung lendir siput. 

Karena dari beberapa penelitian, menyatakan bahwa lendir siput juga mengandung sifat antimikroba, yang tentu saja bisa membantu mencegah munculnya jerawat, serta mengatasi peradangan pada kulit wajah.

Manfaat Lendir Siput Untuk Wajah Serta Pro Dan Kontranya
Source: mdedge.com


Begitu banyak manfaat dari lendir siput bagi kecantikan kulit wajah, namun tetap saja akan lebih baik untuk mengoleskan sedikit terlebih dahubu lendir siput ke kulit di belakang telinga. 
Dengan begitu kita bisa mengamati reaksi alergi yang muncul.
Jika muncul ruam dan gatal, sebaiknya hentikan penggunaan lendir siput ini.

Pun juga, meski lendir siput punya banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah, kita juga tetap tidak melupakan perawatan kulit lainnya yang tepat, seperti: membersihkan wajah secara rutin, mengoleskan pelembap setiap hari, dan menggunakan tabir surya saat berada di luar ruangan.


Pro Dan Kontra Manfaat Lendir Siput Untuk Wajah


Nggak puas dengan mengetahui manfaat lendir siput untuk wajah, saya mencari tahu tentang kebenaran atau mungkin artikel yang bisa menjelaskan, bahwa lendir siput itu tidak sehebat yang digadang-gadang orang.

Dan ternyata, dari beberapa sumber saya ketahui, bahwa memang ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa lendir siput bisa meningkatkan kondisi kulit, dengan meningkatkan kemampuan alaminya untuk menyerap dan memelihara air di dalam lapisan dermis. 

Pun juga, ada studi lainnya yang menunjukkan bahwa lendir siput mungkin bahkan memiliki sifat penyembuh.

Dari sumber ABC News, dikatakan bahwa dari hasil temuan studi yang dipublikasikan dalam Journal of Drugs and Dermatology tahun 2013, aplikasi rutin setiap hari dari krim wajah yang mengandung lendir siput pada beberapa partisipan, menunjukkan pengurangan drastis terhadap garis dan keriput halus.

Bahkan terdapat bukti anekdotal lainnya, yang menunjukan bahwa protein dalam lendir siput mengandung anti aging, dan bukan hanya itu, beberapa percobaan klinis juga terhadap perbaikan kerusakan akibat sinar matahari, dengan hasil peningkatan terhadap perbaikan tekstur dan kualitas kulit, meskipun tidak terlalu dalam memperbaikinya.

Akan tetapi, belum adanya uji klinis terkontrol serius atau penelitian jangka panjang dan berkelanjutan untuk membuat sains yang sebenarnya di balik manfaat dari produk berlendir siput , berhingga agak tidak meyakinkan.

Dari New York Magazine, Dr. Howard Sobel, seorang dermatologis asal New York, berpendapat bahwa tingkat konsentrasi bahan aktif yang terkandung dalam lendir tidak cukup tinggi atau bisa diserap cukup dalam oleh kulit untuk bisa memberikan efek positif pada kulit wajah.

benarkah lendir siput itu bagus untuk kulit
source: theoutline.com

Pun juga, dokter bedah plastik, Joel Studin, mengatakan bahwa, meski lendir siput terhadap perbaikan kulit tidak bisa dibantah, namun studi tersebut masih tergolong kecil untuk bisa dijamin legitimasinya dan sebaiknya memang harus dilakukan penelitian yang lebih lanjut dan lebih baik. 

Hal tersebut juga diaminin oleh Dr. Elizabeth Tanzi, wakil direktur Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery, yang mengatakan bahwa bukti-bukti terhadap lendir siput untuk perbaikan kulit memang tidak bisa dibantah, namun studinya masih tergolong kecil.

Intinya, dari berbagai sumber mengatakan, bahwa semua pakar menyetujui, bahwa lendir siput itu memang punya manfaat terhadap perbaikan tekstur kulit serta melembapkan kulit.
Namun yang menjadi masalah adalah, studi yang ada masih belum banyak, dan untuk ukuran sebuah legitimasi, penelitian sekecil itu masih kurang untuk dijadikan sebuah hasil yang paten. 

Jadi, sebenarnya masalahnya itu.
Dan sumber yang saya baca memang berpedoman dari Amerika, sementara kebanyakan produk dengan lendir siput yang membanjiri Indonesia, adalah produk dari Korea.

Mungkin besok-besok saya harus cari lagi bukti artikel terpercaya dari Korea, sehingga terjawab mengapa banyak skin care yang menggadangkan lendir siput untuk memperbaiki tekstur kulit serta melembapkan kulit..

Demikianlah, how about you, temans?


Sumber : https://www.alodokter.com/ dan https://hellosehat.com/
Gambar : Canva edit by Rey dan berbagai sumber

With Love

You May Also Like

12 Comments

  1. aku belum pernah cobain skincare lendir siput kak rey, perasaannya sama kayaknya rey juga, takut gacocok dan kebanyakan skincare lendir siput pada mahal 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, saking masih jarang kayaknya ya, jadinya lumayan mihil :D

      Hapus
  2. hai kak rey, makasih udah sharing yah. aku juga pakai lendir siput yang di snail truecica some by me hasilnya lumayan ngebantu benerin tekstur kulit kak, nipisin bopeng deh hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahh aslinya saya penasaran akan snail ini gara-gara Some By Me, malah kebeli Benton :D

      Waahh keren ya khasiatnya 😍

      Hapus
    2. saya juga penasaran itu yang benton, penasaran aja semua sama skincare yang ada snailnya hahahahah

      Hapus
  3. nunca he probado nada con baba de caracol. Gracias por la info.

    BalasHapus
    Balasan
    1. De nada, la baba de caracol es buena para mí :)

      Hapus
  4. gara gara banyak review soal lendir siput ini,aku penasaran juga buat cobain, akhirnya beli kemasan jar mini punyanya some by mi
    awalnya kok aneh ya lendir bisa buat kecantikan, teksturnya agak berminyak dikit, dikulit aku ketika make pertama kayak muncul bruntusan kecil kecil, jadi jarang kepake. sekarang malah sering ga di pake :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaaa, saya juga pertama kali make timbul bruntusan, sampai shock juga karena mihil hahaha.
      Untungnya abis itu udah enggak dan cocok-cocok aja :D

      Hapus
  5. Banyak juga produk terkini yang menggunakan lendir siput. Mostly yang saya jumpa k-beauty product.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaaa, K beauty juga kayaknya yang pelopori masuk Indonesia :D

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel saya,
Silahkan meninggalkan komentar dengan akun/url yang aktif :)