Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera) Untuk Kulit Wajah Usia 30 Tahunan

by - August 20, 2020

Manfaat lidah buaya atau aloe vera untuk kulit wajah wanita usia 30 tahunan

Beauty By Rey - Manfaat lidah buaya atau aloe vera untuk kulit wajah wanita usia 30 tahunan seperti saya sebenarnya banyak banget.

Setelah 2 hari lalu saya membahas tentang produk aloe vera gel dari Wardah, saya jadi teringat beberapa tahun lalu, saya begitu rajinnya memakai lidah buaya langsung ke wajah saya.

Pengalaman Perawatan Wajah Dengan Lidah Buaya


Hal itu bermula dari rekan kerja saya sewaktu saya masih kerja dulu, di mana dia tuh rajin banget merawat kulit wajahnya, dengan menggunakan bahan alami yang mudah dilakukan.

Salah satunya adalah, dengan mengoleskan lidah buaya di wajahnya setiap hari.
Karenanya, perlahan tapi pasti, kulit wajahnya jadi lebih sehat, jerawat maupun beruntusannya jadi lebih jarang muncul, dan bekas jerawat di pipinya pun memudar.

Hal itu juga yang membuat tingkat percaya dirinya naik pesat, sampai-sampai, dia nggak pernah dandan ke kantor, cuman pakai pelembab biasa, lipbalm dan udah deh.

Gaya betooll!
Meskipun saya akui, memang kulitnya lebih sehat sih ya, setidaknya meski nggak pakai bedak, tetap terlihat segar, nggak kusam, apalagi berminyak.

Karenanya, si rekan tersebut menyuruh saya ikutan pakai lidah buaya, bahkan keesokan harinya, dia rela membawakan saya se kantung plastik yang isinya bibit lidah buaya, beserta lidah buaya yang udah gendut-gendut daunnya.

Dia juga mengajari saya cara pakainya, yang memang praktis banget.
Tinggal di iris daunnya sampai isi tengahnya terlihat, lalu oleskan pada kulit wajah yang bersih.
Jika kulit mudah iritasi, sebaiknya kupas dulu kulit daun lidah buaya, lalu oleskan pada wajah hanya isi dari kulitnya saja.

Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera) Untuk Kulit Wajah Usia 30 Tahunan

Sejak saat itu, saya jadi rajin ikutin dia perawatan pakai lidah buaya tersebut.
Terlebih memang cara pemakaiannya sangat praktis. 
Saya hanya perlu memetik 1 daun lidah buaya yang memang bahenol-bahenol itu, biasanya saya cuci dan simpan di tempat tertutup lalu masukin ke kulkas.

Saya pakai setiap sore, selepas mandi dan sholat magrib, mudah pula, saya hanya perlu mengiris sedikit batang daun yang tersimpan di wadah tersebut, mengoleskan ke seluruh wajah saya, and that's it!

Apakah wajah saya langsung glowing?
Off course enggak! hahaha.
Salah satu ciri khas perawatan kulit secara alami tuh, adalah hasilnya yang agak lama terlihat berubah.

Kira-kira butuh waktu sekitar 2-3 mingguan rutin mengoleskan lidah buaya di kulit wajah saya setiap sore, dan mulailah terasa khasiatnya, yaitu kulit wajah saya mulai terasa sehat, lembab dan jarang ada jerawat maupun beruntusan.

Sayangnya, pemakaian lidah buaya tersebut terhenti, karena saya akhirnya hamil anak kedua, dan terkena hyperemesis yang bikin saya mabok parah selama berbulan-bulan.
Jangankan mau perawatan oles-oles lidah buaya di wajah, mandi aja jarang hahaha.
Bahkan, tanaman lidah buaya pemberian rekan saya tersebut akhirnya mati, saking nggak pernah diurus, huhuhu.


Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera) Untuk Kulit Wajah Usia 30 Tahunan


Apa yang saya rasakan saat perawatan dengan menggunakan lidah buaya asli di wajah itu memang nggak berlebihan, karena sesungguhnya, lidah buaya atau aloe vera itu sangatlah banyak manfaatnya.

Dan tentu saja sangat bermanfaat bagi kulit wajah wanita berusia 30 tahunan seperti saya.
Di mana di usia 30 tahunan, kulit wajah kita tuh jadi lebih kering dan kusam.

Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera) Untuk Kulit Wajah Usia 30 Tahunan

Dan berikut adalah, manfaat dari lidah buaya atau aloe vera, untuk kulit wajah, yaitu:


1. Melembabkan Kulit Wajah


Manfaat utama dari lidah buaya adalah melembabkan.
Karena, lidah buaya mengandung zat polisakarida dan sterol, yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.

Itulah mengapa, lidah buaya sangat bagus untuk perawatan kulit wanita usia 30 tahunan, di mana di usia tersebut, kelembapan kulit sudah sangat berkurang banyak.

Sehingga, selain asupan air putih yang cukup, lidah buaya juga dapat membantu menjaga dan mempertahankan kelembapan kulit. 


2. Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit


Lidah buaya mengandung antioksidan dan nutrisi bagi kulit, berbagai vitamin yang terkandung dalam lidah buaya, seperti vitamin A, C, dan E, merupakan antioksidan kuat, yang mampu menangkal serangan radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah.

Di mana radikal bebas dan polusi amat sangat mempercepat penuaan pada kulit, dan dengan lidah buaya, hal itu bisa diatasi.
Terlebih lidah buaya juga mengandung berbagai enzim yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit.


3. Menghaluskan Permukaan Kulit


Nggak heran, rekan kerja saya dulu bisa memiliki kulit wajah yang sehat dan halus.
Padahal, dia sering banget berjerawat, karena kulitnya termasuk kulit yang sensitif.

Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera) Untuk Kulit Wajah Usia 30 Tahunan

Hal itu, karena lidah buaya dapat membantu menghaluskan permukaan kulit wajah, dengan cara percepatan pembelahan sel-sel keratinosit, juga akan menghaluskan permukaan kulit. 

Manfaat lidah buaya memang luar biasa, karena dapat membantu pengangkatan sel-sel kulit mati, untuk digantikan dengan sel-sel kulit baru yang sehat dan kuat.
Sehingga kulit wajah selalu halus dan lembut.


4. Cepat Meredakan Radang Dan Gatal


Di bagian dalam daun lidah buaya, ada kandungan zat yang memiliki khasiat anti radang dan anti mikroba. 

Karenanya, hal itu berkhasiat  untuk meredakan keluhan pada kulit dengan masalah jerawat, dermatitis (eksim), iritasi setelah terpapar sinar matahari, dan psoriasis.
Dan itulah mengapa, rajin memakai lidah buaya, membuat wajah jadi bebas jerawat.


5. Cepat Menyembuhkan Luka


Lidah buaya juga dapat mempercepat penyembuhan luka di kulit wajah, seperti jerawat meradang. Kandungan kalsium dan antioksidan pada lidah buaya, dapat mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit (sel penghasil zat keratin di kulit) dan memperkuat jaringan kulit.

Karenanya, luka jerawat jadi lebih cepat sembuh, dan juga bekasnya bisa lebih cepat memudar.

Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera) Untuk Kulit Wajah Usia 30 Tahunan

Demikianlah, ada banyak manfaat lidah buaya atau aloe vera, khususnya bagi kulit wajah wanita usia 30an seperti saya.
Sayangnya, saat ini saya belum lagi mendapatkan bibit lidah buaya, agar bisa perawatan kayak dulu lagi.

Namun, menuliskan ini membuat saya jadi semangat mencari bibit lidah buaya dan memeliharanya lagi, agar saya bisa dengan mudah melakukan perawatan wajah dengan lidah buaya.

Dan bisa merasakan lagi manfaat lidah buaya atau aloe vera untuk kulit wajah saya.
Ada yang sering melakukan perawatan dengan lidah buaya?

Share yuk.


Sumber : 
  • https://www.alodokter.com/berbagai-manfaat-lidah-buaya-untuk-wajah diakses Agustus 2020
  • Pengalaman pribadi
Gambar : Canva edit by Rey


With Love

You May Also Like

2 Comments

  1. Aissh, aku dulu seriiing Rey pake masker lidah buaya ini. Tp waktu tinggal di Aceh. Dulu mama suka gardening, dan salah satunya nanam lidah buaya. Banyaaak bangeeet.

    Tp sjk di JKT, mana sempeeeet hahahahaha. Tanamannya aja ga ada :D.

    Abis baca ini aku jd pgn lakuin masker lidah buaya lagi. Kok jd pgn cari bibitnya juga yaaaa. Tp btw, ini gampang ga sih mliaranyaaa. Akutu tipe kalo melihara tanaman LBH srg mati drpd idup :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaaa... dulu saya dikasih bibitnya banyak dan udah gede-gede Mba, sebenarnya gampang banget hidupnya, asal rajin disiram aja, trus tahan hama pula.
      Cuman pas saya hamil anak kedua dulu, nggak kesiram sama sekali, mati deh :D

      Padahal praktis banget :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel saya,
Silahkan meninggalkan komentar dengan akun/url yang aktif :)