Manfaat Santan Kelapa Untuk Perawatan Rambut

by - June 11, 2020

Manfaat Santan Kelapa Untuk Perawatan Rambut

Beauty By Rey - Manfaat santan kelapa untuk perawatan rambut kali ini saya tuliskan berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Meskipun hal tersebut hanya pernah saya lakukan di waktu saya kecil dulu.
Sekarang? boro-boro! ribet euy, pakai shampoo aja cukup, hahaha.

Meskipun demikian, sebenarnya kadang terlintas keinginan untuk kembali melakukan perawatan seperti dahulu, di mana perawatan rambut dengan santan saya lakukan bukan karena tahu manfaat dari santan kelapa buat rambut, akan tetapi disuruh mama pakai santan, karena nggak punya duit buat beli shampoo, hahaha.

Hal itu terjadi saat saya masih duduk di bangku SD.

Waktu baru lahir, rambut saya sebenarnya tergolong rambut yang tebal, sehat dan lurus.
Dan ketika kecil hingga 5 tahun, saat berada di Minahasa, saya keramas menggunakan shampoo yang bubuk, saya lupa itu merk apa, yang saya ingat hanyalah shampo bubuk.

Sesampainya di Buton, entah karena cuaca di Buton amat sangat berbeda dengan di Minahasa, hanya butuh beberapa waktu, rambut saya jadi rusak, merah dan megar persis rambutnya singa, lol.

Mungkin itu juga yang bikin mama menyuruh saya keramas pakai santai, karena konon kata orang keramas pakai santai bikin rambut jadi lembut dan apek *eh.


Pengalaman Keramas Dengan Santan Kelapa


Awalnya, saya keramas dengan santan itu berbekalkan santan yang sudah disiapkan mama, udah diperas, tinggal dibalurkan ke kepala.

Manfaat Santan Kelapa Untuk Perawatan Rambut

Berikutnya, saya ikut-ikutan kakak sepupu, keramas berbekalkan kelapa parut, saking malasnya diperas dulu, hahaha.
Alhasil, setelah keramas, rambut saya penuh dengan ampas kelapa hahaha

Lalu bagaimana hasilnya?
Memang bagus sih, rambut jadi lembut, meskipun tetap merah dan ujungnya pecah-pecah.
Nggak tahu deh, sepertinya memang pengaruh cuaca, mengingat di Buton itu adalah pulau dengan isinya nyaris aspal semua.

Meskipun rambut jadi lembut, tapi kekurangannya adalah.... rambut jadi lepek dan apek, hahaha.


Manfaat Santan Kelapa Untuk Perawatan Rambut


Sebenarnya, santan memiliki manfaat tersendiri untuk rambut kita.
Santan kelapa memiliki kandungan vitamin, minyak esensial, protein, dan mineral. 

Dan tentu saja semua kandungan ini memiliki keahlian tersendiri untuk membuat rambut tetap terjaga dengan sehat dan terlihat lebih halus, indah, berkilau, dan lembut. 

Khasiat santan untuk rambut sudah terbukti karena para wanita jaman dahulu menggunakan santan menjadi conditioner tradisional.
Termasuk saya yang juga membuktikan, kalau keramas dengan santan kelapa beneran bisa membantu menghaluskan rambut.

Manfaat Santan Kelapa Untuk Perawatan Rambut

 Namun satu hal yang penting, gunakan santan kelapa asli, jangan santan instan karena memiliki kandungan kimia yang justru bisa merusak rambut.

Dan adapun manfaat santan kelapa untuk perawatan rambut adalah:


Membuat rambut lebih mudah untuk diatur


Olahan santan kelapa ke seluruh helai rambut sesudah keramas. Diamkan selama kurang lebih 1 jam, dan bilas dengan menggunakan air bersih.
Rambut akan jadi lebih lembut dan mudah di atur.


Mengatasi dan mencegah kerusakan rambut


Ada banyak faktor penyebab rambut menjadi rusak. 
Mulai dari terpapar sinar matahari, polusi, dan terlalu sering mengikat rambut. 
Karenanya, merawat rambut dengan baik adalah sebuah keharusan, karena rambut memerlukan nutrisi tambahan. 

Bagi yang sudah terlanjur memiliki rambut yang rusak,  bisa menggunakan santan kelapa untuk memberikan asupan nutrisi pada rambut.
Rambut akan tidak mudah rontok dan lebih kuat karena adanya protein dalam santan kelapa yang masuk ke dalam kulit kepala.


Membuat tingkat kelembaban kulit kepala menjadi tinggi


Memiliki kulit kepala yang bersisik dan terlalu kering, maka akan memicu munculnya ketombe, rambut rontok, dan rambut rusak. Ini saya banget!, bukan hanya kulit wajah yang cenderung kering, kulit kepala juga.

Untuk itu, menggunakan santan kelapa untuk mengatasi permasalahan tersebut bisa jadi pilihan. Oleskan santan kelapa pada seluruh kulit kepala secara merata, untuk hasil yang lebih baik.


Dapat digunakan sebagai conditioner alami


Menggunakan conditioner untuk melindungi keindahan rambut adalah keharusan. Kita bisa menggunakan santan kelapa sebagai conditioner alami untuk rambut. 

Manfaat Santan Kelapa Untuk Perawatan Rambut

Cara membuat conditioner santan juga sangat mudah. Cukup campur kan santan kelapa dengan minyak jarak ataupun minyak zaitun, lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut. 

Jangan lupa untuk memijatnya perlahan agar nutrisi yang ada pada conditioner tersebut bisa masuk ke dalam kulit kepala kita.


Melebatkan pertumbuhan rambut


Ingin memiliki rambut yang tebal dan hitam berkilau bukanlah sebuah impian semata. 
Meskipun tidak sedikit wanita yang memiliki rambut yang tipis dan berwarna coklat kemerah-merahan. 

Untuk meningkatkan proses pertumbuhan rambut, kita bisa menggunakan santan kelapa. 
Kandungan vitamin E dan minyak esensial yang ada dalam santan kelapa, mampu mempercepat proses pertumbuhan rambut, sehingga rambut akan lebih cepat panjang dan lebih tebal.


Membuat rambut terlihat hitam berkilau


Untuk memiliki rambut yang hitam berkilau, kita bisa memanfaatkan santan kelapa dan madu. Campurlah kedua bahan tersebut lalu diaplikasikan pada rambut. 

Lakukan perawatan dengan menggunakan santan kelapa dan madu setiap 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Manfaat Santan Kelapa Untuk Perawatan Rambut


Gimana, banyak banget kan manfaatnya.
Dan sudah terbukti sih saat saya kecil dahulu.

Bagi yang ingin merawat rambut dengan santan kelapa bisa dicoba nih, pastikan menggunakan santan kelapa yang masih segar ya, agar hasilnya maksimal dan bebas bau apek.


Sumber : pengalaman pribadi
Gambar : Canva edit by Rey


With love

You May Also Like

3 Comments

  1. Orang dulu dulu beginilah caranya untuk jaga rambut cantik. pakai yang asli buat sendiri. Zaman sekarang makin dilupakan sebab terlalu banyak pilihan produk yang ada dipasaran. Tapi sesekali gunakan bahan asli tentunya bagus sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, soalnya yang praktis semakin banyak ya :)

      Delete
  2. Wah, lagi nyari perawatan rambut yang alami, nemu artikel ini. Patut dicoba... tapi kok PR ya, memeras santannya. Kayaknya cuci rambut pakai santan + madu terus dibilas pakai air hangat boleh juga nih.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel saya,
Silahkan meninggalkan komentar dengan akun/url yang aktif :)