4 Tips Mengatasi Tangan Kasar Akibat Sering Cuci Tangan

by - April 15, 2020

tips mengatasi tangan kasar

Beauty By Rey - Tips mengatasi kulit tangan kasar akibat sering cuci tangan menjadi sebuah hal yang saya cari belakangan ini.

Seperti yang kita ketahui, di tengah pandemik virus corona ini, salah satu hal yang harus sering kita lakukan adalah, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.



Dengan rajin membiasakan cuci tangan, diharapkan kita bisa terhindar dari virus corona, namun di sisi lain, timbul masalah baru bagi kulit tangan, yaitu menjadi kasar karena lebih sering terpapar sabun dan air.

Jika kondisi tersebut dibiarkan, bisa-bisa kulit tangan kita nggak hanya kasar, tapi juga kering kerontang dan bahkan bisa menimbulkan luka.
Maksud hari ingin menghindari virus, eh dapatnya luka, kan nggak asyik banget tuh :)

Karenanya, mengatasi kulit tangan kasar dan kering akibat sering cuci tangan itu penting, dan ada 4 tips yang bisa kita lakukan, di antaranya :


1. Membilas tangan hingga benar-benar bersih dari sabun


Saat mencuci tangan dengan menggunakan sabun, selain mengusahakan agar sabunnya menjangkau ke semua sela buku-buku jari, pun juga jangan lupa memastikan agar setelahnya, membasuh sabun di tangan tersebut dengan air hingga benar-benar bersih dari sabun.

Karena biasanya, sisa sabun yang menempel di tangan, akan menimbulkan efek buruk bagi kulit, salah satunya adalah jadi kering dan kasar.
Karenanya, pastikan tangan kita telah benar-benar bersih dari sabun, hingga ke sela-sela jarinya.


2. Mencuci tangan dengan air garam


Dulu sewaktu kecil, saya sering bantuin mama mencuci pakaian, karena detergent yang digunakan tidak cocok bagi kulit tangan saya, seketika tangan saya jadi kering, kasar dan terkelupas.

mengatasi tangan kasar dengan garam

Karenanya, oleh kakak sepupu saya diberi arahan agar saya selalu mencuci tangan saya dengan air garam, setelah selesai kena detergent agar kulit tangan tetap lembut.
Saya turutin nasihatnya, dan ajaib.
Kulit tangan saya tidak sekasar dan sekering sebelumnya.

Setelah saya dapat dengan mudah mengakses internet, barulah saya temukan jawaban, mengapa kulit tangan bisa lembut jika dicuci dengan air garam.

Ternyata larutan air garam yang hangat, dapat berfungsi sebagai eksofiliator yang mujarab mengangkat sel-sel kulit mati pada telapak tangan. Lakukan hal tersebut sambil menggosok telapak tangan selama kurang lebih lima menit.


3. Mengeringkan tangan hingga sempurna


Salah satu penyebab kulit tangan kasar adalah, karena kita lupa mengeringkan tangan hingga sempurna, setelah kita mencuci tangan.

Karenanya, kulit tangan terpapar air begitu lama dan menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar.
Karenanya, setelah dibasuh dengan air mengalir hingga bersih, jangan lupa segera mengeringkan tangan dengan kain yang menyerap air yang tentunya bersih.


4. Memakai hand cream


Tips ke-4 yang juga menjadi tips paling penting dalam mengatasi kulit tangan kasar akibat sering cuci tangan adalah, dengan memakai hand cream.

Hand cream mengandung moisturizer yang dapat melembutkan kulit tangan, berbeda dengan bagian tubuh lainnya, biasanya hand cream mengandung lebih banyak moisturizer karena bertujuan melembutkan kulit yang sering terpapar air dan kasar.

Karenanya, pilihlah hand cream yang mengandung moisturizer lebih.
Lalu sering-seringlah mengoleskan ke tangan, khususnya setelah mencuci tangan dan mengeringkannya secara benar.

cara melembutkan kulit tangan

Saya sudah lama menerapkan hal tersebut, karenanya meskipun sejak sebelum merebaknya virus corona tangan saya sering terpapar air, karena mengerjakan tugas rumah tangga yang rentan dengan air, tangan saya tetap tidak terlampau kasar.

Ya, kecuali saat saya malas mengenakan hand cream sih. 

Demikianlah, 4 tips mengatasi kulit tangan yang kasar akibat seringnya cuci tangan, karena tangan kasar dan kering, selain mengakibatkan hal yang tidak nyaman, pun juga mengakibatkan berkurangnya rasa percaya diri saat berjabat tangan ataupun semacamnya.

Jadi, dari tips di atas, mana saja nih yang sudah pernah sahabat beauty lakukan?


Sumber : pengalaman pribadi
Gambar : Canva edit by Rey


With Love

You May Also Like

16 Comments

  1. Wah terima kasih banyak mbak, jujur saya baru tahu ternyata mencuci tangan dengan air garam bisa menghindari kulit kering, kasar dan terkelupas akibat detergent. Ini informatif dan bacaaan yang bermanfaat buat istri, soalnya kalau mencuci dia sering hindari Rinso dia lebih suka pakai....saya lupa namanya, setelah ditanya katanya tangannya jadi kering, sekarang saya paham masalahnya ada di mana, terima kasih mbak. Point nomor dua hal baru dan informatif untuk saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, iyaaa memang beberapa merk detergen kadang tidak cocok di kulit tangan kita, saya sendiri cuman cocok 2 merk detergent :)

      Delete
    2. Ternyata berkunjung di blog mbak Rey ada banyak hal yang sebelumnya saya tidak tahu jadi tahu. Pokoknya tetap semangat dan terus hadirkan konten yang informatif dan bermanfaat.. keren mbak.. sukses selalu

      Delete
  2. Kalau sekedar cuci tangan menggunakan hand scrub sepertinya kulit tangan tetap halus dan lebut mbak, itu yang saya alami, kecuali mencuci baju atau piring yang menggunakan deterjen lebih mudah membuat tangan menjadi agak kasar

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya, saya biasanya dibantu sama air garam kalau habis cuci piring atau cuci baju dikucek :)
      Lumayan bikin tangan lembut :)

      Delete
  3. terimakasih mba informasinya. Nanti mau nyoba cuci tangan pakai air garam ah.. soalnya emang rasanya tangan kering banget ...

    ReplyDelete
  4. Sebelumnya, selamat ya .. udah lahir blog reviewnya, kak.
    Congrat 🌹

    Anjuran mencuci tangan pakai garam aku udah laksanakan.
    Dan tanganku ngga kering lagi.

    Nice sharing

    ReplyDelete
  5. Wah saya juga kemarin kayak gini nih pas masih kerja,,,diwajibkan cuci tangan sejam sekali menggunakan hand sanitizer,,,ya alhasil tangan jadi kering dan kalau ada luka sedikit jadinya perih ke tangan karena hand sanitizernya dibuat dari campuran alkohol,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, masih mending pakai air mengalir sebenarnya :)

      Delete
  6. Makasih infonya mbak. Aku jadi tahu cara supaya tangan gak kering lagi. Pake hand cream itu recommended banget, tp aku kurang suka after effectnya yang bikangan licin 😑

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, saya pakai hand cream, tapi mungkin karena tangan saya kering kali ya, jadinya nggak licin :D

      Delete
  7. Terima kasih kak untuk tipsnya. kerap cuci tangan kulit tangan jadi kasar dan kecut. lepas ni kena rajin pakai losyen lepas cuci tangan dan lap tu.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel saya,
Silahkan meninggalkan komentar dengan akun/url yang aktif :)